Share

Planet Termahal di Tata Surya, Bumi Diperkirakan Bernilai Rp71,7 Kuintiliun

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 26 Januari 2022 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 18 2538209 planet-termahal-di-tata-surya-bumi-diperkirakan-bernilai-rp71-7-kuintiliun-GmDz49oSOr.jpeg Foto: NASA.

JAKARTA – Bumi merupakan planet yang ditinggali sekira 7,9 miliar manusia dan kaya akan sumber daya alam yang sangat berharga. Namun, berapa kira-kira harga keseluruhan planet Bumi ini jika kita bisa membelinya?

BACA JUGA: Studi Baru Ungkap Asal Muasal Air di Bumi

Website keberlangsungan Treehugger membagikan penilaian perkiraan harga untuk planet Bumi yang kita tinggali ini. Menurut penilaian itu, Bumi memiliki nilai USD5 kuadriliun atau sekira Rp71.752.750.000.000.010 atau Rp71 kuintiliun, dan menjadikannya salah satu planet termahal di Tata Surya.

Menurut World of Buzz, penghitungan nilai Bumi dilakukan dengan formula khusus yang ditemukan oleh Asisten Profesor Astronomi dan Astrofisika University of California Greg Laughlin.

Formula ini bisa dikatakan kurang ilmiah, tetapi memperhitungkan beberapa faktor termasuk ukuran, massa, suhu, usia dan elemen lain yang berhubungan dengan kemampuan planet untuk mempertahankan kehidupan.

BACA JUGA: Penelitian Ungkap Bumi Berusia 4,54 Miliar Tahun

Sebagai perbandingan untuk menunjukkan mahalnya Bumi, menurut formula Laughlin Planet Mars diperkirakan memiliki nilai USD16.000 sekira Rp229 juta. Sementara planet kedua terdekat dari Matahari, Venus, hanya dihargai USD1 sen (sekira Rp143)

Meskipun Laughlin mengatakan bahwa angka-angka ini tidak dapat 'diterapkan' di dunia nyata, ia berharap hal itu akan menginspirasi orang-orang untuk lebih menghargai Bumi, satu-satunya 'rumah' yang dimiliki umat manusia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini