Share

Tangis Ibu Muda Ini Pecah: Kini Saya Bisa Melihat Dunia Lagi Berkat MNC Peduli

Taufik Budi, Okezone · Kamis 10 Februari 2022 23:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 340 2545464 tangis-ibu-muda-ini-pecah-kini-saya-bisa-melihat-dunia-lagi-berkat-mnc-peduli-tOPJTWYEqd.jpg Iis Rutiasih bersyukur kini matanya bisa kembali melihat. (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG ā€“ Tangis Iis Rutiasih (28) tak terbendung. Air matanya terus meleleh, sembari berulang kali mengucap syukur. Penglihatannya yang semula buram karena katarak, kini telah pulih. Dia bisa melihat lagi dan kembali mengajari anak-anak belajar serta mengaji.

ā€œDulu saya enggak bisa melihat, karena sangat terbatas penglihatannya. Saya kasihan anak, karena dia belajar sendiri, ngaji sendiri. Saya kasihan sekali,ā€ kata Iis kepada timĀ MNCĀ Portal Indonesia (MPI), di SMC RS Telogorejo Semarang, Kamis (10/2/2022).

ā€œSaya terima kasih sekali kepadaĀ MNCĀ Peduli, karena berkat program ini saya bisa melihat kembali. Saya bisa mengajari belajar anak saya, bisa mengajari ngaji. Dan saya bisa melihat semua isi dunia ini dengan jelas, saya bisa kembali meneruskan hidup saya,ā€ lanjut dia.

Warga Sumurrejo Gunungpati Kota Semarang Jawa Tengah itu menceritakan, mendadak fungsi penglihatannya menurun sekira dua tahun lalu. Pandangan buram, tak jelas, hingga kesulitan membaca dan membedakan warna.

Diagnosa medis menyatakan, dia terkena katarak. Penyakit itu tak bisa disembuhkan hanya dengan obat tetes mata maupun salep. Operasi dinilai menjadi jalan terbaik untuk memulihkan penglihatannya. Namun, biaya operasi tak sedikit hingga terpaksa menunda tindakan medis itu.

ā€œDua tahun saya terkena katarak. Lalu suami cari-cari informasi, terus iseng-iseng di HP mendapatkan info ada program dariĀ MNCĀ Peduli. Saya ditanya, mau enggak? Ya kita coba aja, siapa tahu beneran,ā€ ungkapnya.

Ā Baca juga:Ā MNC Peduli Gelar Operasi Sumbing dan Katarak di Semarang, Gratis!

Iis pun segera melengkapi persyaratan administratif dengan harapan segera dioperasi. Hari-hari setelah mengumpulkan berkas dilaluinya dengan menanti kabar dariĀ MNCĀ PeduliĀ dan SMC RS Telogorejo.

ā€œKemudian selang beberapa waktu, ada informasi (untuk tindakan medis). Terus kemarin akhirnya Hari Senin, saya dioperasi. Sementara ini yang dioperasi sebelah kanan. Yang kiri belum, masih nunggu info dari pihak rumah sakit,ā€ terangnya.

ā€œBaru satu mata yang dioperasi tapi ini sudah sangat jelas penglihatan saya. Saya sangat berterima kasih kepadaĀ MNCĀ Peduli, karena dengan program ini saya sekarang bisa melihat dengan jelas. Kemarin saya juga terharu waktu ngajarin anak saya kembali. Anak saya juga senang. Matanya Ibu sudah sembuh ya. Dia sampai bilang seperti itu,ā€ tuturnya terbata-bata menahan tangis.

Sementara itu, KetuaĀ MNCĀ Peduli, Syafril Nasution menyampaikan, kegiatan sosial ini tak hanya dilakukan di Kota Semarang tetapi juga daerah-daerah lain. Bahkan,Ā MNCĀ PeduliĀ juga hadir hingga luar Jawa untuk membantu masyarakat.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

ā€œKita juga lakukan (kegiatan serupa) seperti kemarin tim kita melakukan ini di Demak. Kemudian pekan lalu di Gombong Jawa Tengah. Dan juga daerah lain yang sudah sering kita lakukan. Pernah juga sampai NTT,ā€ ujarnya.

ā€œJadi memang ini tidak terbatas di Pulau Jawa, tapi hampir dari wilayah IndonesiaĀ MNCĀ PeduliĀ turun untuk membantu masyarakat,ā€ tambah Syafril.

Di kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran SMC RS Telogorejo, dr. Gracia Rutyana Harianto mengatakan, kerja sama denganĀ MNCĀ PeduliĀ sudah berlangsung sejak 2008. Dalam rentang waktu tersebut, banyak pasien yang ditangani dan telah sembuh.

ā€œKalau dihitung itu sudah 14 tahun sampai sekarang, sudah membantu banyak orang. Mulai dari pasien yang katarak, hernia, juga bibir sumbing. Harapan dari RS Telogorejo program ini kan bertujuan baik untuk membantu masyarakat, yang memang perlu untuk dibantu terutama di sisi kesehatan. Menurut kami ini adalah sesuatu yang memang harus berkesinambungan,ā€ lugasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini