Share

Angin Kencang Terjang Gunungkidul, Seorang Warga Terluka

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 12 Maret 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 12 340 2560453 angin-kencang-terjang-gunungkidul-seorang-warga-terluka-sNmn1DXIjO.jpg Angin kencang Gunungkidul. foto: BNPB

JAKARTA – Seorang warga mengalami luka ringan setelah diterjang angin kencang di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Jumat. Kejadian ini berawal setelah hujan deras mengguyur lokasi kejadian yang disertai angin kencang.

(Baca juga: Waspada! Bandung Barat Rawan Sambaran Petir, Tujuh Rumah Hangus Terbakar)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul segera melakukan kaji cepat di lapangan. Hasil pendataan sementara, terdapat 150 KK yang terdampak. Para warga yang terdampak bermukim di Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, mengatakan, tim gabungan yang terdiri dari BPBD Gunungkidul, TRC BPBD Provinsi Yogyakarta, Lurah Mulusan, Tagana Gunung Kidul, RAPI Gunung Kidul, Bhabinsa, Babinkamtibmas, ICG, Komunitas Relawan, Damkar Gunung Kidul, Save Rescue, PLN, dan warga masyarakat melalukan koordinasi untuk mempercepat penanganan darurat di lokasi.

“Selain itu, tim gabungan dan masyarakat setempat bergotong royong untuk melakukan pemotongan atau pembersihan pohon-pohon tumbang yang menghalangi ruas jalan. Hingga kini, arus lalu lintas yang sempat tersendat kini sudah bisa dilalui kendaraan,” ujarnya.

Menurutnya, hasil analisa InaRISK, Kabupaten Gunungkidul memiliki potensi risiko cuaca ekstrim dengan kategori sedang hingga tinggi. Dengan ini, BNPB menghimbau masyarakat untuk melakukan mitigasi bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

Pemangkasan ranting pohon yang rindang di ruas jalan utama juga dapat dilakukan untuk meminimalisir ancaman potensi bencana hidromeorologi yang dipicu faktor cuaca.

Di awal musim pancaroba ini sebagaimana diprediksi oleh BMKG akan sering terjadi hujan intensitas tinggi dalam waktu singkat yang disertai angin kencang.

BNPB mengimbau masyarakat agar mewaspadai dan menghindari potensi risiko dari pohon tumbang, tiang listrik atau papan reklame yang rentan rubuh ketika beraktifitas di luar ruang pada saat terjadi cuaca ekstrim atau angin kencang.

“Membiasakan melihat prakiraan cuaca merupakan salah satu bentuk antisipasi dan mitigasi risiko cuaca ekstrim dengan menghindari aktifitas di luar ruang ketika ada potensi cuaca ekstrim,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini