Share

6 Negara Pengedar Narkoba Terbesar di Dunia, dari Afganistan hingga Meksiko!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 01 April 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 18 2571082 6-negara-pengedar-narkoba-terbesar-di-dunia-dari-afganistan-hingga-meksiko-GawbOYK6OP.jpg Ladang opium Afghanistan. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Dikutip dari situs PBB UNDOC, drug trafficking atau perdagangan narkoba adalah industri gelap global yang mencakup penanaman, pembuatan, distribusi, dan penjualan zat yang ilegal.

Tidak dipungkiri, perdagangan narkoba memang menghasilkan untung yang luar biasa. Maka tak heran bila banyak negara yang bersedia memproduksi dan mengedarkan barang ilegal ini, meskipun melanggar hukum.

BACA JUGA: Kecanduan Narkoba dalam Keluarga, Anak-Anak Afghanistan Terjebak dalam Lingkaran Setan

Berikut ini adalah beberapa negara yang menjadi pengedar narkoba terbesar di dunia.

1. Afghanistan 

Negara ini menjadi pemasok opium terbesar di dunia. Tiap tahunnya, Afghanistan mampu memproduksi antara 5.000 hingga 6.000 ton opium mentah per tahun. Wilayah penghasil opium tersebut berada di The Golden Crescent, lalu didistribusikan ke Afrika, Amerika, serta berbagai negara lain. Saking besarnya perdagangan narkoba di Afghanistan, diyakini bahwa pejabat pemerintah negara tersebut juga terlibat di dalamnya.

2. Bolivia 

Laporan PBB pada 2007 menyebutkan bahwa Bolivia memiliki 28.900 hektare lahan untuk membudidayakan tanaman kokain. Negara ini merupakan transit untuk mengirimkan kokain dari Peru ke Brazil. Bahkan presiden Bolivia sendiri, Evo Morales, adalah petani kokain dan ketua dari asosiasi petani koka di negara tersebut.

BACA JUGA: Ngeri, Kartel Meksiko Paksa Anggotanya Jadi Kanibal, Makan Jantung Musuh

3. Meksiko 

Selain menjadi negara dengan kriminalitas tertinggi, Meksiko juga menduduki urutan kelima sebagai negara produsen narkotika terbesar di dunia. Banyak produksi narkoba dilakukan di laboratorium rumahan. Meksiko juga menjembatani pengedaran narkoba sebelum diekspor ke Amerika Serikat. Dikutip dari Okezone, polisi AS berhasil menggrebek 12.000 lab narkoba sintetis dan menyita 80% dari 114 ton Meth yang berhasil disita di seluruh dunia.

4. Kolombia

Sekitar 70% kokain dunia diproduksi di Kolombia, karena itu negara ini menjadi produsen kokain terbesar sejak lama. Mereka terdiri dari organisasi yang menyusup dengan sangat rapi dan terselubung. Pada tahun 2011, kepolisian Kolombia menyita sekitar 1,5 ton kokain dalam sebuah peti kemas berisi makanan anjing yang hendak dikirim ke Amerika.

5. Maroko 

Maroko menjadi produsen dari marijuana, hashis, dan ganja kering. Total sebanyak 1.500 ton berhasil diekpsor ke Amerika dan Meksiko. Diketahui, negara tersebut memiliki 134.000 hektare ladang ganja.

6. Myanmar

Myanmar atau Burma adalah satu dari Segitiga Emas pengedaran narkoba, termasuk Thailand dan Laos. Para pejabat dan tokoh penting juga turut melebarkan bisnis ilegal ini. Sampai-sampai, ketika Bandar narkoba terbesar di Burma, Khun Sa, ditangkap pada tahun 1996, pemerintah Burma bersikeras melindunginya. Bahkan Khun Sa diberikan kemewahan di penjara hingga ia meninggal pada tahun 2007.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini