Share

Pejabat AS: Korut Bersiap Gelar Uji Coba Nuklir Ketujuh

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 01 April 2022 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 18 2571439 pejabat-as-korut-bersiap-gelar-uji-coba-nuklir-ketujuh-uoWa2bCgi0.jpg Tayangan televisi terkait uji coba bom nuklir Korea Utara pada 2017. (Foto: Reuters)

WASHINGTON โ€“ Korea Utara kemungkinan sedang bersiap melakukan uji coba nuklir setelah satelit mata-mata Amerika Serikat (AS) telah melihat terowongan baru yang digali, tempat dimana tes nuklir telah dilakukan di masa lalu, demikian dilaporkan Fox News, pada Kamis (31/3/2022), mengutip pejabat pertahanan yang tidak disebutkan namanya.

BACA JUGA:ย Korut Luncurkan 'Rudal Monster' Jenis Baru, Uji Coba ICBM Pertama Sejak 2017

Menurut laporan itu, pengeboran menyiratkan bahwa uji coba nuklir lain mungkin akan dilakukan. Analis intelijen dilaporkan melihat peralatan penggalian aktif di Kilju, Provinsi Hamgyong, di lokasi di mana uji coba senjata nuklir baru-baru ini dilakukan pada September 2017.

Setelah peluncuran Kamis lalu dari apa yang dikonfirmasi oleh Pyongyang sebagai ICBM Hwasong-17, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjanji untuk mengembangkan senjata yang lebih kuat.

โ€œHanya ketika seseorang dilengkapi dengan kemampuan menyerang yang hebat, kekuatan militer yang luar biasa yang tidak dapat dihentikan oleh siapa pun, seseorang dapat mencegah perang, menjamin keamanan negara dan menahan dan mengendalikan semua ancaman dan pemerasan oleh kaum imperialis,โ€ katanya sebagaimana dilansir Sputnik mengutip KCNA.

BACA JUGA:ย Uji Coba Bom Hidrogen Korut Mengakibatkan Gempa 6,3 SR

Ukuran rudal yang diuji coba dilaporkan menunjukkan bahwa senjata itu dirancang untuk membawa banyak hulu ledak nuklir. Korea Utara sudah memiliki rudal yang mampu membawa satu hulu ledak dan menjangkau sebagian besar wilayah AS dari seberang Samudra Pasifik.

Namun, mengenai uji coba pekan lalu, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara kemungkinan meluncurkan rudal balistik antarbenua Hwasong-15, dan bukan Hwasong-17 baru seperti yang diklaim oleh Pyongyang.

Secara total, DPRK, nama resmi Korea Utara, telah melakukan enam uji coba senjata nuklir selama bertahun-tahun. Uji coba senjata nuklir terakhir Korea Utara dilakukan pada September 2017.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini