Share

Belasan Warga Ponorogo Diduga Keracunan Usai Santap Buka Puasa

Avirista Midaada, Okezone · Senin 11 April 2022 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 519 2577163 belasan-warga-ponorogo-diduga-keracunan-usai-santap-buka-puasa-P7QCR59LWo.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

PONOROGO - Sejumlah warga di Kabupaten Ponorogo keracunan makanan yang diduga disantap saat berbuka puasa. Peristiwa ini terjadi di Dusun Karangtalok, Desa Babadan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, pada Jumat lalu 8 April 2022.

Kapolsek Babadan AKP Yudi Kristiawan mengatakan, ada 13 orang korban yang dilaporkan mengalami keracunan massal usai menyantap hidangan berbuka puasa bersama. Peristiwa ini baru dilaporkan ke kepolisian pada Senin pagi (11/4/2022).

"Laporannya baru masuk tadi pagi, ada 13 orang yang dilaporkan," kata Yudi Kristiawan, saat dikonfirmasi awak media.

Dari jumlah tersebut mayoritas para korban mengalami muntah dan diare pada Sabtu 9 April 2022. Akibatnya para korban ada yang harus menjalani perawatan di rumah sakit dan klinik setempat. "Mereka semua dilarikan ke pos kesehatan terdekat. Ada yang di klinik, ada juga yang di rumah sakit," ujar dia.

Yudi menjelaskan, awal mula peristiwa keracunan massal itu menimpa belasan warga di Dusun Karangtalok, Desa Babadan, Ponorogo terjadi.

Hal ini bermula saat warga mendatangi undangan acara kirim doa dan buka bersama (bukber) di salah satu rumah warga setempat pada Jumat 8 April 2022, sore. Ketika waktu berbuka puasa, mereka pun menyantap soto ayam di lokasi.

"Setelah selesai mendapatkan berkatan dan snake akhirnya dibawa pulang,” tutur Yudi kembali.

Namun pada Sabtu malam sejumlah warga yang menyantap makanan buka puasa itu mengeluhkan mengalami diare, pusing, dan muntah. "Awalnya hanya satu orang yang merasakan, tetapi berkembang kepada warga lainnya dengan keluhan sama," ucapnya.

Hingga berita ini dimuat, kepolisian masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi, termasuk penyelenggara hajatan dan mengambil sampel makanan yang diduga menyebabkan keracunan massal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini