Share

Ular Piton Sepanjang 6 Meter Ditangkap Petugas Damkar, Ini Foto-Fotonya

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 13 April 2022 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 18 2578400 ular-piton-sepanjang-6-meter-ditangkap-petugas-damkar-ini-foto-fotonya-iWtHixA50y.jpg Foto: Bomba Perak.

KUALA LUMPUR - Seekor ular piton raksasa sepanjang lebih dari 6 meter, dengan berat mencapai 50 kilogram, telah ditangkap di bendungan sungai di Malaysia. Ini merupakan salah satu ulat piton terbesar yang pernah ditangkap.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Pemadam Kebakaran & Penyelamatan Malaysia mengungkapkan bahwa ular raksasa itu ditemukan di Desa Sungai Ulu Lenggong di Distrik Baling, Perak pada 10 April.

BACA JUGA: Lihat Ibu Tewas Dililit, Hamzah Duel dengan Ular Piton Sepanjang 6 Meter

Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi setelah panggilan darurat untuk menyingkirkan ular tersebut pada pukul 09.30 waktu setempat. Butuh lima orang untuk menangkap ular besar itu, demikian dilaporkan The Star.

Foto-foto yang dibagikan oleh Departemen Pemadam Kebakaran & Penyelamatan, memperlihatkan petugas menangani ular itu dengan tongkat.

(Foto: Bomba Perak/Jabatan Bomba & Penyelamat Malaysia Fire & Rescue Department Of Malaysia)

Ular itu terlihat membentang di bendungan sungai saat tim beranggotakan lima orang itu mencoba mengamankannya. Salah satu foto gambar menunjukkan ular itu berbaring, memperlihatkan ukurannya yang sangat besar.

Setelah dipindahkan dari bendungan sungai, ular piton raksasa itu diserahkan ke Departemen Margasatwa untuk "tindakan lebih lanjut," kata pemadam kebakaran sebagaimana dilansir Newsweek.

BACA JUGA: Viral! Ular Piton Gigit Wajah Pria Ini, Tidak Mau Lepas dan Harus Dibantu 3 Orang

Spesies ular tidak ditentukan oleh pemadam kebakaran, namun kemungkinan besar ular sanca batik, yang merupakan ular terpanjang di dunia.

Ular sanca batik hidup di sebagian besar Asia Tenggara dan Selatan, dan dapat memiliki panjang yang luar biasa. Mereka tidak berbisa dan membunuh mangsanya dengan melilitnya dan menghancurkannya.

Ular ini diperkirakan dapat tumbuh hingga sepanjang 6 meter, namun, ada laporan bahwa ukran mereka bisa jauh lebih besar.

Pada 2016, seekor ular piton sepanjang hampir 8 meter ditemukan di sebuah lokasi konstruksi di Malaysia. Meskipun tidak diukur secara resmi oleh pencatat rekor, ular piton mungkin merupakan ular terpanjang yang pernah ditemukan.

(Foto: Bomba Perak/Jabatan Bomba & Penyelamat Malaysia Fire & Rescue Department Of Malaysia)

Ular terpanjang yang memecahkan Rekor Dunia Guinness dipegang oleh ular penangkaran bernama Medusa. Ular ini tinggal di Kansas City, Missouri, dan berukuran panjang sekira 7,6 meter.

Saat ini tidak ada catatan tentang ular liar terbesar, tetapi menurut Museum Sejarah Alam, ular piton sepanjang 9,7 meter ditemukan pada 1912.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini