Share

Presiden Zelensky: Ukraina Fokus Membangun dan Pemulihan, Kembalikan Kehidupan Normal

Susi Susanti, Okezone · Minggu 01 Mei 2022 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 18 2588105 presiden-zelensky-ukraina-fokus-membangun-dan-pemulihan-kembalikan-kehidupan-normal-1FLbuoghOd.jpg Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Foto: YouTube)

UKRAINA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan negara itu sedang bekerja untuk membangun dan kembali normal di daerah-daerah yang tidak lagi dipegang oleh pasukan Rusia. Hal ini diungkapkan  Zelensky dalam pidato malamnya kepada negara itu pada Sabtu (30/4) yang  mengangkat tema ketahanan.

Dia rmengatakan 69% dari pemukiman yang tidak diduduki di Ukraina sekarang memiliki "pemerintahan mandiri lokal yang lengkap" lagi.

“Kami melakukan segalanya untuk mengembalikan kehidupan normal ke bagian yang tidak diduduki di Ukraina kami,” kata Zelensky dalam pidato malamnya, seraya menambahkan pekerjaan kantor kemanusiaan telah dimulai di 93% pemukiman yang dibebaskan.

Baca juga:  Tentara Ukraina Klaim Hancurkan 1.000 Tank Rusia, 200 Pesawat, dan 2.500 Kendaraan Lapis Baja.

“Kami secara aktif menghapus ranjau di wilayah yang dibebaskan. Setiap hari beberapa lusin pemukiman ditambahkan ke dalam daftar tempat penghapusan ranjau telah selesai,” lanjutnya.

 Baca juga: Reuni Emosional, Gadis Ukraina Yatim Piatu Bisa Bertemu Kembali dengan Kakeknya

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Zelensky juga mengatakan para pejabat "melakukan segalanya" untuk memulihkan jalan dan akses ke layanan medis, pendidikan, dan keuangan.

Landasan pacu bandara Odesa yang hancur dalam serangan rudal juga akan dibangun kembali.

"Hari ini penjajah kembali menembakkan rudal ke wilayah Dnipropetrovsk dan Odesa," terangnya.

"Berkali-kali, pasukan Rusia membuktikan bahwa orang-orang Odesa adalah musuh yang sama bagi Rusia seperti semua orang Ukraina lainnya. Landasan pacu bandara Odesa dihancurkan. Kami tentu saja akan membangunnya kembali. Tapi Odesa tidak akan pernah melupakan orang Rusia seperti itu. sikap terhadapnya,” lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini