Share

Pohon Bertumbangan di Bandung Barat Timpa Rumah Warga

Adi Haryanto, Koran SI · Senin 09 Mei 2022 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 525 2591395 pohon-bertumbangan-di-bandung-barat-timpa-rumah-warga-DuoUxK5953.jpg Pohon tumbang di Bandung Barat (Foto: BPBD/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT - Hujan deras yang disertai angin kencang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat secara tiba-tiba pada Senin (9/5/2022) sore.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah pohon tumbang, seperti di Kampung Petir RT 02/05, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, serta di Kampung Cipanas RT01/01, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat.

BACA JUGA:Hujan Deras, Tebing di Jalan Penghubung Bandung-Garut Longsor 

Pohon tumbang di Kampung Petir, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, selain menutup akses jalan juga menimpa sebuah rumah. Sementara pohon tumbang di Kampung Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, menimpa kios isi ulang air minum.

"Penyebab pohon tumbang itu karena hujan deras yang disertai angin kencang," kata Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo saat dikonfirmasi.

Duddy menyebutkan, peristiwa pohon tumbang tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, pihaknya baru menerima laporan sekitar pukul 17.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kedua peristiwa tersebut, hanya saja menimbulkan kerusakan materi karena kontruksi rumah mengalamai kerusakan.

Menurutnya, hujan yang turun di sejumlah wilayah KBB secara merata itu memang cukup deras dan disertai angin kencang. Akibatnya, pohon yang akarnya tidak kuat dan sudah tua akhirnya roboh dan sempat menghalangi arus lalu lintas karena menghalangi jalan.

"Kondisi kios air minum isi ulang tersebut mengalami rusak ringan dan tidak menimbulkan korban jiwa," sambungnya.

BACA JUGA:Dear Pemudik, Waspadai Pasar Tradisional di Bandung Barat yang Bisa Jadi Sumber Kemacetan 

Lebih lanjut dikatakannya, petugasnya bersama aparat kewilayahan dan warga bergotong royong melakukan pemotongan pohon yang menghalangi arus lalu lintas. Sekaligus membersihkan material di permukaan jalan agar kendaraan bisa kembali melintas dengan lancar.

"Lokasi kejadian bencana sudah terkendali dan arus lalu lintas sudah berjalan lancar kembali," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini