Share

Cuaca Buruk, 3 Pesawat Gagal Landing di Bandara Sultan Hasanuddin

Najmi Limonu, Koran SI · Jum'at 27 Mei 2022 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 609 2600981 cuaca-buruk-3-pesawat-gagal-landing-di-bandara-sultan-hasanuddin-xAbEzlMWHf.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

MAKASSAR - Cuaca buruk yang melanda sebagian besar wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel) berdampak pada pendaratan tiga pesawat terpaksa dialihkan lantaran tidak bisa landing di Bandara International Sultan Hasanuddin.

"Ada tiga pesawat yang divert atau dialihkan ke bandara lain terdekat karena cuaca ekstrem," kata Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I, Iwan Risdianto saat dikonfirmasi, Kamis 26 Mei 2022, petang.

Dia mengatakan, tiga pesawat itu harus divert ke Bandara Balikpapan, karena kondisi cuaca di Bandara Sultan Hasanuddin tidak memungkinkan untuk dilakukan pendaratan pesawat.

"Ada pesawat Batik Air 6268 rute Jakarta-Makassar, Batik Air 6197 rute Sorong-Makassar dan Lion Air JT 3945 rute Sorong-Makassar. Ketiganya terdampak akibat cuaca buruk yang terjadi sejak sore tadi," ujarnya.

Sementara itu, BMKG Bandara Sultan Hasanuddin Makassar telah mengeluarkan empat kali peringatan dini cuaca ekstrem. Kepala BMKG Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Hari Triwibowo mengatakan, pihaknya sudah menerbitkan 4 kali Aerodrome Warning.

Peringatan pertama kata dia dilakukan pukul 14.15 wita. Dimana peringatan adanya petir atau guntur dari awan-awan Cumulonimbus disertai angin kencang dengan kecepatan hingga 23 knot. Kemudian untuk peringatan dini kedua, kata dia, dilakukan pukul 16.15 wita untuk peringatan hujan lebat disertai petir atau guntur.

"Selanjutnya peringatan ketiga dilakukan pukul 17.15 Wita, untuk hujan sangat lebat disertai petir atau guntur dan angin kencang hingga kecepatan 23 knot," ujarnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sedangkan peringatan keempat kata dia baru saja diterbitkan pukul 18.20 Wita. "Kalau peringatan dini cuaca ekstrem ini disampaikan kepada seluruh stakeholder yang ada di di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Mulai dari Airnav, Otoritas bandar udara, Angkasa Pura, Airlines, Ground Handling, Kantor SAR Makassar dan TNI AU untuk dapat dilakukan mitigasi ataupun langkah-langkah antisipasi dari cuaca buruk yang akan terjadi," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini