Share

Penembakan Massal Terjadi Lagi, 6 Orang Ditembak di Pusat Kota Chattanooga Tennessee

Susi Susanti, Okezone · Senin 30 Mei 2022 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 18 2602522 penembakan-massal-terjadi-lagi-6-orang-ditembak-di-pusat-kota-chattanooga-tennessee-0q8vA4rrlw.jpg Penembakan massal di Tennessee, AS (Foto: WTVC)

TENNESSEE - Polisi mengatakan enam orang ditembak, dan dua di antaranya menderita luka yang mengancam jiwa, menyusul baku tembak antara dua kelompok orang di pusat kota Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (29/5/2022) malam.

Petugas patroli mendengar suara tembakan sekitar pukul 23.00 waktu setempat di daerah Cherry Street dan ketika tiba di lokasi beberapa pihak saling tembak-menembak dan banyak orang melarikan diri dari daerah itu.

"Dua orang dari satu kelompok mulai menembaki kelompok lain," kata Kepala Polisi Chattanooga Celeste Murphy dalam konferensi pers pada Minggu (29/5/2022).

"Mereka percaya bahwa tidak ada satu target yang dituju -- setidaknya di kelompok lain itu -- dan semua korban lain yang ditembak tidak disengaja,” lanjutnya.

Murphy mengatakan penyelidik yakin penembakan itu tidak terkait dengan geng.

Baca juga: Penembakan Massal di Luar Restoran Cepat Saji McDonald's, 2 Orang Meninggal dan 8 Terluka

Dia mengatakan penyelidik sedang meninjau semua video yang terkait dengan insiden itu.

Sersan polisi Jeremy Eames mengatakan beberapa korban tembakan dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

Baca juga: Penembakan Massal 21 Orang di SD Texas, AS Akan Tinjau Respon Polisi

Empat diperkirakan selamat sedangkan dua lainnya mengalami cedera yang mengancam jiwa. Sebagian besar dari mereka yang ditembak adalah remaja atau berusia awal 20-an.

"Kami memiliki kelompok besar remaja yang berjalan di sekitar pusat kota pada tanggal ini dan kami yakin dari dalam kelompok itulah penembakan terjadi," katanya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Polisi pada konferensi pers mengatakan satu orang yang ditahan sehubungan dengan insiden itu telah dikesampingkan sebagai tersangka dan tidak ada yang ditahan pada Minggu (29/5/2022) sore.

Wali Kota Chattanooga Tim Kelly, yang hadir dalam konferensi pers, mengatakan dia mengalami berbagai macam emosi setelah penembakan itu.

"Saya sedih untuk keluarga dan korban yang hidupnya hancur tadi malam oleh tembakan," katanya.

Wali Kota juga meminta orang tua bertanggung jawab untuk mengetahui di mana senjata api mereka berada dan menyimpannya dengan baik di luar jangkauan anak-anak mereka.

"Jika Anda tahu anak Anda memiliki akses ke senjata api, Anda harus turun tangan sebelum seseorang, bahkan mungkin anak Anda sendiri, tewas," lanjutnya.

Kelly mengatakan dia bergabung dengan walikota lain dari seluruh AS yang menyerukan senat untuk meloloskan reformasi undang-undang keamanan senjata.

Lokasi penembakan pada Sabtu (28/5/2022) malam terjadi kurang dari satu mil dari Akuarium Tennessee dan tepi laut kota.

Patrick Hickey, yang mengemudi untuk Uber dan Lyft pada Sabtu (28/5/2022) malam, mengatakan kepada CNN bahwa dia diparkir di tempat biasanya menunggu tumpangan lain ketika dia mendengar setidaknya dua lusin tembakan. Hickey bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran sukarela sehingga dia langsung beraksi.

"Saya membantu dengan dua korban, salah satunya dengan cedera kepala,” ujarnya.

"Saya tidak bisa lari ke arah lain atau pergi karena tahu ada banyak orang yang terluka,” terangnya.

Salah satu korban berakhir di trotoar dekat mobilnya, jadi dia mengambil baju dari kendaraannya dan menekan lukanya.

"(Orang-orang) berteriak minta tolong, kerabat korban juga ada di sana," katanya.

"Polisi berusaha mendapatkan semua orang kembali sehingga kami dapat membantu para korban. Terjadi kekacauan selama satu menit,” lanjutnya.

Hickey menambahkan bahwa pada Minggu pagi dia melihat sepatunya berlumuran darah dari salah satu korban.

"Saya diberkati untuk bisa pulang ke keluarga saya tanpa cedera, tetapi itu adalah situasi yang sangat menakutkan." Ujarnya dalam sebuah posting Facebook.

"Tolong peluk keluarga Anda lebih dekat karena ini menjadi hal biasa di AS,” tambahnya.

Ada 221 penembakan massal sepanjang tahun ini, menurut Arsip Kekerasan Senjata. Penembakan massal didefinisikan sebagai insiden dengan setidaknya empat orang ditembak, tidak termasuk penembak. Penembakan itu juga terjadi beberapa hari setelah seorang anak berusia 18 tahun menggunakan senapan gaya AR-15 yang dibeli secara legal untuk membunuh 19 anak dan dua guru di sebuah sekolah dasar (SD) di Uvalde, Texas, sekali lagi menimbulkan pertanyaan tentang apakah senjata semacam itu harus tersedia secara legal.

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini