Share

Crazy Rich China Beli Properti Rp1,2 Triliun, Bayar Secara Tunai

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 27 Juni 2022 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 18 2618947 crazy-rich-china-beli-properti-rp1-2-triliun-bayar-secara-tunai-s7vcGlFCc9.jpg Surat kabar L'unione Sarda menyebut properti itu sebagai 'properti surgawi dan ekslusif di pusat Costa Smeralda. (Foto: South China Morning Post)

CAGLIARI - Seorang wanita China berusia 33 tahun telah membayar €80 juta (sekira Rp1,2 triliun) tunai untuk sebuah properti 49 kamar dengan tiga pantai pribadi di Pulau Sardinia yang eksklusif di Italia, menurut surat kabar tertua di pulau itu, L'unione Sarda.

Pembeli tersebut diidentifikasi sebagai Nani Wang, dan namanya sama dengan mantan direktur dewan JD Health International, cabang layanan kesehatan dari raksasa e-commerce China JD.com.

BACA JUGA: Terungkap! Putra Mahkota Saudi Ternyata Pemilik Rumah Termahal di Dunia

Namanya terungkap ketika kasir mengesahkan tanda tangan Wang pada catatan transfer mendesak untuk uang ke rekening bank Swiss yang diyakini milik penjual, pada 18 April, demikian dilaporkan surat kabar Sardinia tersebut.

Joseph Jack Setton, seorang Amerika, disebut sebagai penjual properti.

JD Health tidak menanggapi pertanyaan yang dikirim melalui email oleh South China Morning Post (SCMP).

Ini adalah salah satu transaksi properti terbesar oleh pembeli China sejak China dilanda pandemi pada 2020.

Tahun lalu, pembeli China membeli properti senilai USD2,3 miliar (Rp34 triliun) di Eropa, turun 18 persen dari USD2,7 miliar pada 2020, menurut Real Capital Analytics, yang melacak transaksi senilai setidaknya USD10 juta.

Dari Januari hingga Mei tahun ini, investasi ini sudah mencapai USD 1,4 miliar, tambahnya.

BACA JUGA: Residensial Paling Mahal di Hong Kong Laku Rp3,58 Triliun

L'unione Sarda menggambarkan properti itu sebagai "rumah revolusioner" yang dibangun pada tahun tujuh puluhan oleh taipan Inggris Lord Charles Clore, yang telah menjadi "tempat tinggal surgawi dan eksklusif di jantung Costa Smeralda".

Properti ini sangat pribadi dan tidak dapat diakses oleh transportasi umum. Dengan interior 1.300 meter persegi, itu dihiasi dengan karya seni "paling langka dan paling eksklusif", kata laporan itu sebagaimana dilansir Asia One.

Properti ini juga dilengkapi dengan heliport dan kolam renang, serta ruang bioskop, empat suite VIP besar dan delapan kamar tidur tamu, tiga di antaranya berada di paviliun pribadi terpisah dengan ruang tamu dan dapur.

Dari sudut pandang bisnis, properti ini dapat diubah menjadi resor super mewah yang menawarkan akomodasi kelas atas serta layanan medis dan kesehatan, tambahnya. Tetapi pebisnis biasanya membeli aset melalui pinjaman bank daripada membayar tunai.

Perkebunan Eropa, khususnya kastil, telah terbukti menjadi aset piala yang populer di kalangan investor kaya, termasuk yang berasal dari China daratan, menurut agen.

Dan permintaan tampaknya telah naik karena pandemi virus corona.

“Pembeli mencari privasi dan ruang, dan tempat apa yang lebih baik untuk diisolasi daripada kastil Anda sendiri,” Lodovico Pignatti Morano, mitra pengelola di Realty Internasional Italia Sotheby kepada SCMP.

“Mengingat keadaan Covid-19, permintaan pasti meningkat,” katanya.

Harga aset mewah ini bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran dan kondisi struktur, menurut agen properti itu. Misalnya, harga di Italia berkisar antara €7 juta dan lebih dari €20 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini