Share

Usai Bertemu Jokowi, Putin Siap Penuhi Permintaan Kebutuhan Pangan Negara Sahabat

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 01 Juli 2022 00:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 18 2621470 usai-bertemu-jokowi-putin-siap-penuhi-permintaan-kebutuhan-pangan-negara-sahabat-PsL2lPZW4u.jpg Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pihaknya siap memenuhi kebutuhan pangan untuk pasar global, termasuk Indonesia. Hal tersebut disampaikannya usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (30/6/2022).

"Kami siap untuk sepenuhnya memenuhi permintaan produsen pertanian dari Indonesia dan negara-negara sahabat lainnya untuk nitrogen, fosfat, pupuk kalium dan bahan baku untuk produksi mereka," ujar Putin dilansir dari Tass.

Putin mengatakan, dalam pertemuannya dengan Jokowi, mereka berbicara tentang isu-isu yang menarik untuk sementara waktu untuk seluruh dunia, termasuk pasokan bahan pangan.

"Maksud saya, pasokan bahan makanan, barang pertanian lainnya, termasuk pupuk mineral, ke pasar global," kata pemimpin Rusia itu.

“Kami siap untuk sepenuhnya memenuhi permintaan produsen pertanian dari Indonesia dan negara-negara sahabat lainnya untuk nitrogen, fosfat, pupuk kalium dan bahan baku untuk produksi mereka,” imbuh Putin.

Apa yang dikatakan Putin, tentu tidak terlepas dari konflik negaranya dengan Ukraina, yang salah satunya berdampak pada sulitnya mendapat pasokan bahan pangan termasuk pertanian.

"Kami tentu berniat untuk terus menjalankan dengan itikad baik komitmen kontrak kami pada pasokan bahan makanan, pupuk, serta sumber daya energi dan barang-barang penting lainnya," kata Putin.

Inilah mengapa sangat penting untuk memulihkan rantai pasokan yang terganggu oleh sanksi, tambah Putin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini