Share

Belasan Sapi di Karangasem Bali Sakit, 7 Positif Terpapar PMK

Yunda Ariesta, iNews · Senin 04 Juli 2022 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 244 2623127 belasan-sapi-di-karangasem-bali-sakit-7-positif-terpapar-pmk-usc64aJttV.jpg Sapi di Karangasem Bali terpapar PMK (Foto: Yunda Ariesta)

BALI - Belasan sapi di Karangasem, Bali sakit. Sebanyak tujuh ekor di antaranya dinyatakan positif terpapar virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Empat ekor kasus ditemukan di Desa Menanga, Kecamatan Rendang dan tiga kasus lainnya ditemukan di Dusun Segara Katon, Karangasem. Wabah PMK tengah mewabah di Bali. Salah satunya ditemukan di Kabupaten Karangasem.

BACA JUGA:Wabah PMK Masuk Bali Jelang Idul Adha, 63 Ekor Sapi Terinfeksi 

Empat ekor sapi yang dinyatakan positif di Desa Menanga kondisinya sudah mulai membaik. Di mana, bagian mulut keempat sapi tersebut yang sebelumnya melepuh dan mengeluarkan darah sudah berangsur membaik.

Peternak atau pemilik keempat sapi yang terpapar PMK tersebut mengaku, jika gejala PMK mulai muncul sejak satu minggu lalu.

Pasca-gejala tersebut, keempat ekor sapi tersebut lemas dan tidak mau makan yang diikuti dengan bagian mulut melepuh dan keluar darah. Begitu juga dengan bagian kakinya.

BACA JUGA:Tegaskan Rempah Aset Mewah, Menko PMK: Harus Bisa Harumkan Indonesia 

Namun, dengan kondisi sapi yang sudah membaik, peternak menolak dieliminasi, salah satunya I Wayan Putu, peternak yang terus berupaya menyembuhkan luka dengan mengolesi madu.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini