Share

Presiden Jokowi Beli Sapi Kurban Seharga Rp125 Juta dari Bantul DIY

Mohammad Fernanda, MNC Portal · Senin 04 Juli 2022 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 510 2623310 presiden-jokowi-beli-sapi-kurban-seharga-rp125-juta-dari-bantul-diy-v8f6ZkucFo.jpg Ilustrasi sapi kurban yang dibeli Presiden Jokowi/ Foto: Fernanda

BANTUL - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul menyebut satu dari dua ekor sapi untuk kurban Presiden Joko Widodo di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Idul Adha 2022 berasal dari Bantul. Satu ekor sapi yang dibeli Jokowi itu seberat 1 ton 55 kilogram dan merupakan hasil silangan yang didominasi jenis limosin.

 BACA JUGA:Diadang Massa, Polisi Gagal Tangkap Anak Kiai Pelaku Pencabulan Santri di Jombang

Kepala DKPP Bantul Joko Waluyo mengatakan, bahwa sapi yang dibeli Jokowi itu milik seorang peternak Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul. Peternak itu merupakan mantan dukuh di Kalurahan Canden.

Untuk sapi yang dibeli itu jenis silangan tapi dominan ke jenis limosin, bobot sapinya satu ton 55 kilogram. Kalau harganya Rp125 juta.

 BACA JUGA:Beli Pertalite Pakai Aplikasi, Pertamina Harus Cabut Aturan Dilarang Main HP di SPBU Harus

sapi tersebut akan disembelih bukan di Kabupaten Bantul. Lokasi penyembelihan sapi tersebut antara di Kota Jogja dan Kabupaten Sleman.

Selain Presiden Jokowi, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X juga membeli tiga ekor sapi dari Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Terkait penanganan khusus agar sapi yang dibeli Jokowi dan Sultan tidak terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK), ada penanganan khusus dengan melarang orang yang tidak berkepentingan untuk mendekat ke kandang sapi-sapi tersebut.

 BACA JUGA:Gagal Kejar Anak Kiai DPO Pencabulan, Brimob Kepung Ponpes di Jombang

Dengan pembelian sapi tersebut, membuktikan bahwa sapi-sapi dari Bantul banyak yang dalam kondisi sehat. Bahkan, kebutuhan hewan kurban di Bantul untuk Idul Adha mendatang aman.

Saat ini, untuk sapi ada sekitar 10 ribu ekor, dan untuk kambing atau domba ada 23 ribu ekor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini