Share

Menlu Afsel Apresiasi Keberpihakan Indonesia pada Negara Berkembang

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 07 Juli 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 18 2625381 menlu-afsel-apresiasi-keberpihakan-indonesia-pada-negara-berkembang-jfVhLwEvf6.jpeg Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi melangsungkan pertemuan bilateral dengan Menlu Afrika Selatan G.N.M. Pandor di Bali, 7 Juli 2022. (Foto: Dok. Kemlu RI)

NUSA DUA - Menteri Luar Negeri RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, G.N.M. Pandor di Bali, Kamis (7/7/2022). Kedua menlu dalam rangka menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 (G20 Foreign Minister’s Meeting/G20 FMM), 7-8 Juli 2022.

BACA JUGA: Indonesia Jadi Presiden G20 Pertama yang Undang Anggota Uni Afrika

Dalam pertemuan ini kedua menlu membahas sejumlah kerja sama bilateral. Perdagangan bilateral antara Indonesia dan Afrika Selatan meningkat 115% pada 2021, dengan nilai mencapai USD2,8 miliar, dibandingkan 2022. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan lagi volume perdagangan bilateral di masa datang.

Kedua menlu juga menyambut baik diselesaikannya pembahasan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) kerja sama di bidang pertahanan dan perikanan, yang akan ditandatangani dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Satu Pandangan, Menlu RI dan India Tekankan Pentingnya Penguatan Suara Negara Berkembang

Indonesia dan Afrika Selatan juga sepakat untuk lebih mengintensifkan kerja sama kedua negara di bidang kesehatan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Dalam konteks kerja sama multilateral, Menlu RI dan Menlu Afrika Selatan menyepakati pentingnya agar suara negara-negara berkembang dapat lebih di dengar dalam berbagai isu internasional. Hal ini dapat dicapai antara lain melalui forum Gerakan Non Blok (GNB).

Menlu Afrika Selatan menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia sebagai Presiden G20 yang menunjukkan keberpihakan kepada negara berkembang. Hal ini dapat dilihat pada diundangnya Uni Afrika dan perwakilan dari negara-negara berkembang dalam berbagai pertemuan G20.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini