Share

Puluhan Pondok di Pesantren Batanghari Ludes Diamuk Jago Merah

Azhari Sultan, Okezone · Kamis 07 Juli 2022 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 340 2625656 puluhan-pondok-di-pesantren-batanghari-ludes-diamuk-jago-merah-DcN9vs9BmX.jpg Kebakaran ponpes/ Foto: Ashari Sultan

BATANGHARI - Jago merah mengamuk di Pondok Pesantren Zulhijjah di Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi. Akibatnya, puluhan pondok tempat tinggal para santri pesantren ludes terbakar.

Dari informasi yang didapat, mulanya seorang santri melihat kepulan asap dari salah satu pondok di pesantren. Selanjutnya, api terus membakar pondok-pondok tempat tinggal para santri.

Tak ayal, para santri panik dan berhamburan menyelamatkan diri. Selain itu, mereka juga berusaha menyempatkan barang berharga miliknya masing-masing.

Sedangkan, puluhan pondok pesantren yang terbuat dari kayu tidak kuasa menahan panasnya api yang diduga dari adanya arus pendek listrik.

Belum lagi, faktor angin yang berhembus kencang. Semakin mempercepat, material kayu hangus terbakar.

Kabid Penanggulangan Kebakaran Batanghari, Jasmin mengatakan, ada puluhan pondok tempat tinggal santri pesantren terbakar.

"Ada 23 Jumlah pondok pesantren Zulhijjah yang hangus terbakar. Untuk korban jiwa tidak ada," ungkapnya, Kamis (7/7/2022).

Dia menambahkan, untuk proses pemadaman pondok pesantren selama sekitar satu jam.

Menurutnya, besarnya api karena faktor angin dan ditambah pondok tempat tinggal siswa pesantren terbuat dari kayu sehingga api cepat merembet ke pondok-pondok lainya.

"Untuk penyebab kebakaran diduga konsleting listrik dari salah satu pondok siswa pesantren," tutur Jasmin.

 BACA JUGA:Anies Baru Dengar Istilah SCBD: Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok

Setidaknya, dua mobil dikerahkan untuk memadamkan api tersebut. Sedangkan kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp30 juta," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini