Share

Puting Beliung Terjang Bangka Tengah, Puluhan Rumah Rusak Parah

Rachmat Kurniawan, iNews · Kamis 07 Juli 2022 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 340 2625666 puting-beliung-terjang-bangka-tengah-puluhan-rumah-rusak-parah-6FfzlpmdJ5.jpg Rumah warga di Bangka Tengah yang rusak diterjang puting beliung (foto: MPI/Rachmat)

BANGKA TENGAH - Sebanyak 21 rumah warga di Desa Guntung dan Kelurahan Arung Dalam Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah rusak akibat hantaman angin puting beliung pada Kamis (07/07/2022) petang. Beberapa diantaranya mengalami rusak parah.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Tengah telah melakukan pendataan rumah warga yang terdampak, dan bersama Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bangka Tengah telah menyalurkan bantuan awal berupa terpal.

"Kita telah melakukan pendataan terhadap rumah-rumah warga yang terdampak puting beliung. Dari data yang kita himpun untuk di Desa Guntung, terdapat sebanyak 14 rumah mengalami kerusakan. Sedangkan untuk Kelurahan Arung Dalam sebanyak Tujuh rumah yang terdampak," ujar Kepala BPBD Kabupaten Bangka Tengah, Yudi Sabara, Kamis (7/7/2022) malam.

 BACA JUGA:Penajam Paser Utara Diterjang Angin Puting Beliung, 1 Warga Terluka

"Kita juga bersama Dinsos PMD Kabupaten Bangka Tengah juga telah menyalurkan bantuan terpal kepada warga terdampak," tambahnya.

Sementara itu dari pantauan di lokasi kejadian, tepatnya di Desa Guntung sejumlah rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang, terlihat dari kerusakan sebagian atap rumah dan kanopi yang berbahan baja ringan telah hancur di sapu angin puting beliung.

 BACA JUGA:Ngeri, Warga Rekam Datangnya Angin Puting Beliung Porak Porandakan Puluhan Rumah

Sedangkan untuk rumah yang mengalami kerusakan parah, seluruh atap rumahnya telah hilang, bahkan sebagian dinding yang terbuat dari beton turut mengalami kerusakan dan sebagian roboh.

"Kejadiannya ini secara tiba-tiba, tau-tau datang hujan deras beserta angin seperti angin puting beliung saja dan merusak rumah-rumah warga yang ada di sekitar sini," ujar salah seorang warga Desa Guntung, Hidayat.

Namun dirinya bersyukur, walaupun sejumlah rumah warga mengalami kerusakan, namun tidak memyebabkan korban luka ataupun menginggal dunia.

"Syukurnya tidak ada korban luka atau korban jiwa akibat kejadian ini," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini