Share

Hari Nelson Mandela, PBB Dorong Partisipasi Warga Dunia dalam Pengabdian Masyarakat

Susi Susanti, Okezone · Selasa 19 Juli 2022 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 18 2632272 hari-nelson-mandela-pbb-dorong-partisipasi-warga-dunia-dalam-pengabdian-masyarakat-WPNDMBUhYF.jpg Pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela semasa hidup (Foto: Reuters)

NEW YORKPerserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan komunitas internasional, pada Senin (18/7/2022) memperingati sumbangsih mendiang pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela.

PBB menetapkan 18 Juli, hari ulang tahun Mandela - sebagai hari internasional untuk menghormatinya, tidak hanya dengan merayakan hidup dan sumbangsihnya, tetapi juga dengan menjalankan tradisi, berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Wali Kota New York Eric Adams mengatakan tantangan dunia modern membutuhkan kegigihan dan harapan seperti yang dicerminkan oleh Nelson Mandela.

Baca juga:  3 Tokoh Anti Rasis Terkenal di Dunia, Ada Nelson Mandela!

Adams pada Senin (18/7/2022) berpidato di markas besar PBB, untuk menghormati warisan pemimpin anti-apartheid Afrika Selatan, yang melewatkan 27 tahun hidupnya di penjara dan menjadi Presiden kulit hitam pertama di negaranya.

Baca juga:  Afsel Desak Pelelangan Kunci Penjara Nelson Mandela Dihentikan

Dikutip VOA, Pangeran Harry dari Inggris juga menjadi pembicara utama di acara PBB tersebut.

Sekjen PBB António Guterres dalam pidatonya menyebut pengabdian Nelson Mandela masih menjadi teladan moral dan rujukan bagi warga dunia.

Seperti diketahui, Nelson Mandela mengabdikan hidupnya untuk memberikan layanan kemanusian, sebagai pengacara HAM, seorang tahanan karena keyakinannya, dan juru damai internasional, yang membuatnya menjadi salah satu pemimpin dunia yang disegani.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini