Share

Insiden Tenggak Miras Oplosan India, Korban Meninggal Bertambah Jadi 38 Orang

Susi Susanti, Okezone · Rabu 27 Juli 2022 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 18 2637415 insiden-tenggak-miras-oplosan-india-korban-meninggal-bertambah-jadi-38-orang-P06lSfocht.jpg Ilustrasi minuman keras (Foto: Antara)

AHMEDABADJumlah korban dalam insiden menenggak minuman keras (miras) oplosan bertambah sepuluh orang menjadi 38 orang di negara bagian Gujarat di India barat.

Polisi meluncurkan penyelidikan dan melakukan enam penangkapan setelah 51 orang yang terkena dampak insiden miras palsu itu dirawat di rumah sakit, dan sejumlah korban lainnya tewas.

Dikutip Antara, insiden miras palsu itu terjadi pada Senin (25/7/2022) di distrik-distrik yang bersebelahan dengan negara bagian Ahmedabad dan Botad.

"Beberapa orang yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis meninggal semalam," kata pejabat polisi Ashok Kumar Yadav kepada Reuters.

 Baca juga: Setidaknya 26 Orang Tewas Tenggak Miras Oplosan, Polisi Gelar Penyelidikan

"Mereka telah mengonsumsi metil alkohol yang kadarnya hampir murni, karena meyakini itu adalah minuman keras," lanjutnya.

Baca juga: Lebih dari 150 Orang di India Tewas Akibat Minum Miras Oplosan

Penjualan dan konsumsi alkohol dilarang di negara bagian tempat asal Perdana Menteri (PM)Narendra Modi, kecuali oleh bisnis atau usaha yang memiliki izin pemerintah.

Kematian akibat alkohol yang diproduksi secara ilegal, yang populer disebut hooch atau minuman keras pedesaan, adalah hal biasa di India.

Kondisi itu disebabkan hanya sedikit peminum yang mampu membeli minuman keras bermerek.

Metil alkohol, yang juga dikenal sebagai alkohol kayu, tidak aman untuk dikonsumsi manusia dan biasanya digunakan dalam produk-produk antara lain untuk pengencer cat hingga bahan bakar, pestisida dan zat anti-beku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini