Share

Badai Dahsyat Terjang Eropa, 13 Orang Meninggal Termasuk 3 Anak-Anak

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 19 Agustus 2022 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 18 2650548 badai-dahsyat-terjang-eropa-13-orang-meninggal-termasuk-3-anak-anak-HG5xzhHH7Y.jpg Badai dahsyat terjang Eropa (Foto: Reuters)

ITALIA - Badai dahsyat telah menerjang wilayah Eropa tengah dan selatan, sedikitnya 13 orang meninggal termasuk tiga anak-anak.

Kematian yang sebagian besar disebabkan pohon tumbang, dilaporkan terjadi di Italia dan Austria, dan di pulau Corsica, Prancis. Hujan lebat dan angin menghancurkan tempat perkemahan di pulau itu. Badai tersebut menyusul berminggu-minggu gelombang panas dan kekeringan di sebagian besar benua.

Di Corsica, angin berhembus hingga 224 km/jam (140mph) menumbangkan pohon dan merusak rumah mobil.

Baca juga:  Puluhan Jadwal Penerbangan Inggris Dibatalkan Akibat Badai Eunice

Pihak berwenang di sana mengatakan seorang gadis berusia 13 tahun tewas tertimpa pohon tumbang di tempat perkemahan.

Baca juga:  Total 9 Orang Tewas Akibat Badai di Eropa

Seorang pria meninggal dalam insiden serupa dan seorang wanita tua tewas ketika mobilnya ditabrak oleh atap terpisah dari sebuah gubuk pantai.

Dua orang lainnya, seorang nelayan dan seorang wanita kayaker, tewas di laut.

Kemudian Menteri Dalam Negeri Prancis Gérald Darmanin, yang telah tiba di Corsica untuk memeriksa kerusakan akibat badai, melaporkan kematian keenam.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Puluhan orang terluka di darat dan laut. Saksi mata badai mengatakan mereka benar-benar tak terduga dan tidak ada peringatan yang diberikan.

"Kami belum pernah melihat badai besar seperti ini, Anda akan mengira itu badai tropis," kata pemilik restoran Cedric Boell kepada kantor berita Reuters.

Di daratan Prancis, beberapa wilayah selatan dilanda pemadaman listrik dan jalan-jalan terendam banjir di kota kedua negara itu, Marseille.

Di Austria, dua gadis tewas tertimpa pohon tumbang di dekat danau di Carinthia.

Kemudian, tiga kematian lagi dilaporkan oleh media di provinsi Lower Austria, juga akibat dari pohon yang tumbang.

Sementara itu di Italia, seorang pria dan seorang wanita tewas tertimpa pohon tumbang dalam insiden terpisah di wilayah Tuscany.

Angin kencang menyapu Venesia, meniup payung kafe di St Mark's Square dan mencabut batu bata dari menara lonceng katedral.

Resor tepi laut di Tuscany dan lebih jauh ke utara di Liguria rusak akibat badai.

Namun di Italia selatan, gelombang panas berlanjut, dengan suhu hingga 40C tercatat di Sisilia.

Di seberang Laut Mediterania di Aljazair, setidaknya 38 orang tewas dalam kebakaran hutan.

Banyak bagian Eropa telah mengalami cuaca yang sangat panas dan kering selama berminggu-minggu.

Peristiwa cuaca ekstrem, termasuk gelombang panas dan badai, telah menjadi lebih intens dan lebih sering dalam beberapa tahun terakhir karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Dunia telah menghangat sekitar 1,1C sejak era industri dimulai dan suhu akan terus meningkat kecuali pemerintah di seluruh dunia melakukan pemotongan tajam terhadap emisi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini