Share

Granat Aktif Ditemukan Warga Sukabumi, Langsung Ditaruh di Gudang Senjata karena Takut Meledak

Dharmawan Hadi, iNews · Jum'at 19 Agustus 2022 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 525 2650871 granat-aktif-ditemukan-warga-sukabumi-langsung-ditaruh-di-gudang-senjata-karena-takut-meledak-JJlGXNV5RT.JPG Granat aktif di Sukabumi (Foto: Ist)

SUKABUMI - Sebuah granat nanas yang diduga masih aktif ditemukan warga di dekat Lapang Cikiray, Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/8/2022) sekira pukul 21.00 WIB.

Kapolsek Cisaat Polres Sukabumi Kota, AKP Deden Sulaeman mengatakan, sebuah granat aktif itu, pertama kali ditemukan oleh warga setempat. Setelah itu, diambil oleh warga yang bernama Muhamad Sudrajat (48) dan Sutrisno (49).

"Kemudian warga tersebut membawa granatnya ke rumah Pak Usman. Setelah itu, mereka melaporkan kejadian tersebut Polsek Cisaat," ujar Deden kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (19/8/2022).

Tidak lama setelah itu, lanjut Deden, anggotanya langsung melakukan cek TKP dan ditemukan satu buah granat nanas dalam kondisi berkarat. Setelah itu, pihaknya berkoordinasi dengan Koramil 0709 Cisaat.

"Lalu penanganan selanjutnya kami menghubungi BENGLAP 311 Kota Sukabumi untuk mengamankan granat tersebut dari bahaya ledakan yang terjadi jika tidak diamankan sesegera mungkin," tambah Deden.

Setelah itu, petugas gabungan langsung bersama-sama melakukan pengecekan terhadap benda yang di duga granat nanas yang sudah berkarat tersebut.

"Menurut anggota Benglap 311 Kota Sukabumi, bahwa benda tersebut adalah benar granat nanas yang diduga masih aktif karena pelatuk penariknya masih ada," ujar Deden.

Selanjutnya anggota Benglap 311 Kota Sukabumi melakukan pengamanan dengan mengambil granat nanas yang sudah berkarat tersebut dan membungkusnya dengan solasiban kuning.

"Setelah dibungkus solasiban, anggota Benglap 311 Kota Sukabumi memasukannya ke dalam ember plastik yang sudah dipenuhi pasir yang tujuannya agar granat tersebut tidak bergerak atau goyang," jelas Deden.

Setelah aman, Polsek Cisaat langsung melakukan penyerahan granat nanas tersebut kepada anggota Bengkap 311 Kota Sukabumi untuk disimpan di gudang senjata Mako Benglap.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini