Share

Peristiwa Hari Ini: Pertandingan Bisbol Liga Utama Pertama Disiarkan Televisi

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 27 Agustus 2022 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 27 18 2655525 peristiwa-hari-ini-pertandingan-bisbol-liga-utama-pertama-disiarkan-televisi-iuAAbeTJMY.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

NEW YORK - Pada tanggal 26 Agustus 1939, pertandingan bisbol Liga Utama pertama disiarkan di stasiun W2XBS, stasiun yang akan menjadi WNBC-TV. Penyiar Red Barber menyebut pertandingan antara Cincinnati Reds dan Brooklyn Dodgers di Ebbets Field di Brooklyn, New York.

Pada saat itu, televisi masih dalam masa pertumbuhan. Pemrograman reguler belum ada, dan sangat sedikit orang yang memiliki televisi—hanya ada sekitar 400 di wilayah New York. "Baru pada tahun 1946 siaran jaringan reguler mulai populer di Amerika Serikat, dan baru pada pertengahan 1950-an pesawat televisi menjadi lebih umum di rumah tangga Amerika," demikian dikutip dari History, Sabtu (27/8/2022).

Pada tahun 1939, Pameran Dunia—yang diadakan di New York—menjadi katalisator untuk siaran bersejarah tersebut. Televisi adalah salah satu pameran hadiah pameran, dan penyelenggara percaya bahwa doubleheader Dodgers-Reds pada 26 Agustus adalah acara yang sempurna untuk menunjukkan pemahaman Amerika pada teknologi baru.

Baca juga: Ibu dan Balita Tewas di Stadion Baseball

Menurut standar saat ini, liputan video agak kasar. Hanya ada dua sudut kamera stasioner: Yang pertama ditempatkan di garis dasar ketiga untuk mengambil lemparan ke dalam lapangan ke yang pertama, dan yang kedua ditempatkan tinggi di atas home plate untuk mendapatkan pandangan lapangan yang luas. Juga sulit untuk menangkap permainan yang bergerak cepat: Kelelawar yang berayun tampak seperti kipas kertas, dan bolanya hampir tidak terlihat selama lemparan dan pukulan.

Baca juga: Sederet Peraturan dalam Permainan Baseball

Follow Berita Okezone di Google News

Meski demikian, eksperimen tersebut sukses, mendorong minat terhadap perkembangan teknologi televisi, khususnya untuk acara olahraga. Meskipun pemilik bisbol pada awalnya khawatir bahwa bisbol televisi akan mengurangi kehadiran yang sebenarnya, mereka segera menerima gagasan itu.

Secara khusus, mereka merangkul kemungkinan untuk menghasilkan pendapatan yang datang dengan peningkatan eksposur permainan, termasuk penjualan hak untuk menyiarkan tim atau permainan tertentu dan iklan televisi.

Saat ini, olahraga yang disiarkan televisi adalah industri multi-miliar dolar, dengan teknologi yang memberi pemirsa detail visual dan audio yang luar biasa. Kamera sekarang sangat presisi sehingga dapat menangkap cara bola berubah bentuk saat dipukul oleh kelelawar, dan atlet terhubung untuk mengambil percakapan di lapangan dan di pinggir lapangan.

Baca juga: 5 Manfaat Baseball untuk Anak-Anak

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini