Share

Tim Basarnas Maksimalkan Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Tuing Bangka

Qur'anul Hidayat, Okezone · Jum'at 16 September 2022 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 340 2668729 tim-basarnas-maksimalkan-pencarian-nelayan-hilang-di-perairan-tuing-bangka-zqvPCNdl7A.jpg Pencarian korban terjatuh dari kapal. (Foto: Basarnas)

SUNGAILIAT - Seorang nelayan dari KM Begal hilang di Perairan Tuing, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Tim SAR atau Basarnas Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memaksimalkan pencarian korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang, I Made Oka Astawa mengatakan bahwa pencarian yang dilakukan pihaknya sejak mendapat laporan hilangnya Rizky (15) di perairan itu pada Rabu 14 September 2022 lalu.

"Sampai sekarang tim masih melakukan pencarian dengan harapan korban segera ditemukan," kata dia, dikutip dari Antara, Jumat (16/9/2022).

Rizky dilaporkan hilang setelah kapal yang tumpangi diduga mengalami mati mesin atau man over boad (MOB), kemudian salah satu ABK atau teman korban berusaha memperbaiki mesin.

 Baca juga: Terjatuh di Laut Bali, ABK Asal Bogor Hilang

Namun saat itu tiba-tiba terjadi angin kencang, sehingga kapal yang ditumpangi mengalami goncangan dan diduga korban terlempar atau terjatuh ke laut saat terjadi angin kencang.

Operasi pencarian korban dilakukan oleh tim gabungan dibagi menjadi dua Search and Rescue Unit (SRU). SRU I akan menyisir korban menggunakan rubber boat dengan luas area pencarian 95 Nm² dan SRU II, akan menggunakan pola pencarian "creeping line" menggunakan perahu nelayan dengan luas area pencarian 95 Nm².

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kami akan terus melakukan pencarian korban di laut dan penelusuran di daratan seperti pesisir pantai, jika korban ditemukan akan langsung dibawa ke Puskesmas Riau Silip atau puskesmas terdekat," katanya.

Kondisi cuaca di lokasi pencarian diprediksi cerah sehingga diharapkan proses pencarian akan lebih maksimal dan segera menemukan korban.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini