Share

Pasok Drone ke Rusia, Ukraina Ancam Putus Hubungan Diplomatik dengan Iran

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 24 September 2022 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 18 2674178 pasok-drone-ke-rusia-ukraina-ancam-putus-hubungan-diplomatik-dengan-iran-VYtlkEQkPF.jpg Ukraina ancam putus hubungan diplomatik dengan Iran karena pasok drone ke Rusia (Foto: Reuters)

UKRAINA - Ukraina mengatakan pada Jumat (23/9/2022) akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran atas keputusan Teheran memasok pesawat tak berawak atau drone ke Rusia. Presiden Volodymyr Zelensky menyebut langkah ini sebagai ‘kolaborasi dengan kejahatan’.

Zelensky mengatakan total delapan kendaraan udara tak berawak buatan Iran telah ditembak jatuh sejauh ini dalam konflik tersebut.

"Hari ini tentara Rusia menggunakan pesawat tak berawak Iran untuk serangannya. Dunia akan tahu tentang setiap contoh kolaborasi dengan kejahatan, dan itu akan memiliki konsekuensi yang sesuai," kata Zelensky dalam pidato video larut malam, dikutip Reuters.

Baca juga: AS Tuduh Rusia Akan Beli Drone Iran, Kremlin Tolak Angkat Bicara

Otoritas militer di Ukraina selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menembak jatuh empat kendaraan udara tak berawak Shahed-136 "kamikaze" di atas laut dekat pelabuhan Odesa pada Jumat (23/9/2022).

Baca juga: AS Peringatkan Iran Berencana Pasok Drone ke Rusia, Termasuk Drone Tempur

Surat kabar Ukrainska Pravda melaporkan Angkatan Udara mengatakan secara terpisah bahwa untuk pertama kalinya mereka menjatuhkan Mohajer-6, pesawat tak berawak Iran yang lebih besar.

Kementerian luar negeri Ukraina sebelumnya mengatakan pasokan drone telah memberikan ‘pukulan serius’ bagi hubungan bilateral.

"Menanggapi tindakan tidak bersahabat seperti itu, pihak Ukraina telah memutuskan untuk mencabut akreditasi duta besar Iran dan juga secara signifikan mengurangi jumlah staf diplomatik kedutaan besar Iran di Kyiv," katanya dalam sebuah pernyataan di situs web-nya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pesan itu disampaikan kepada penjabat duta besar karena utusan tetapnya, Manouchehr Moradi, saat ini tidak berada di Ukraina.

Ukraina dan Amerika Serikat (AS) menuduh Iran memasok drone ke Rusia. Namun Teheran membantah tuduhan ini.

Pakar militer mengatakan drone akan berguna bagi Rusia untuk pengintaian dan sebagai amunisi berkeliaran yang dapat menunggu waktu mereka dalam menemukan dan menyerang target yang sesuai.

Pada Agustus lalu, seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan Rusia telah menghadapi "banyak kegagalan" dengan drone buatan Iran yang diperoleh dari Teheran.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini