Share

Indonesia Segera Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Pakistan

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Senin 26 September 2022 06:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 18 2674797 indonesia-segera-kirim-bantuan-untuk-korban-banjir-pakistan-JSaGx8VC3O.jpg Banjir Pakistan (Foto : The Guardian)

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan siap menyalurkan bantuan terhadap bencana banjir di Pakistan yang menelan lebih dari 1.000 jiwa. Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB Bambang Surya Putra mengatakan dukungan yang diberikan beserta sumber daya yang ada.

"Indonesia siap membantu dengan sumber daya manusia untuk membantu penanganan darurat, seperti dukungan pelayanan medis, termasuk tenaga medis dari TNI dan Polri," tutur Bambang dalam keterangannya yang dikutip Senin (26/9/2022).

Kendati ingin memberi bantuan, BNPB telah bertemu dengan Badan Penanggulangan Bencana Pakistan (NDMA) di Islamabad, Pakistan, pada Sabtu (24/9). Pertemuan tersebut bertujuan untuk menjajaki dukungan lanjutan terhadap penanganan bencana banjir tersebut.

Dalam pertemuan itu, Bambang menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia, melalui BNPB dan Kementerian kesehatan, telah menyiapkan bantuan logistik kemanusiaan untuk masyarakat Pakistan. Bantuan yang diberikan telah disesuaikan dengan daftar kebutuhan yang dikeluarkan Pemerintah Pakistan, termasuk obat-obatan.

"Bantuan dalam bentuk dana diharapkan segera terealisasi pada awal Oktober nanti. Bantuan dana ini akan dikoordinasikan dan diberikan oleh Kementerian Luar Negeri," tutur Bambang.

Diketahui, bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia dijadwalkan akan tiba di Karachi, Pakistan, pada lusa, Selasa pagi (27/9). Bantuan ini merupakan bantuan yang diharapkan Pemerintah Pakistan, seperti tenda, selimut, kelambu, pakaian, family kit, dan genset.

Dua pesawat sewa akan digunakan untuk mengirimkan bantuan yang nantinya diserahkan Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Kepala BNPB.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Kepala NDMA Pakistan, Letnan Jenderal Akhtar Nawaz Satti, mengucapkan rasa terima kasih kepada Indonesia yang telah memberi bantuan kepada Pakistan untuk menangani bencana banjir.

“Kami berterima kasih atas bantuan dan solidaritas yang dilakukan Pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam penanganan banjir,” balas Letnan Jenderal Akhtar.

Setelah bertemu dengan NDMA Pakistan, dubes dan Tim BNPB bertolak menuju Karachi untuk melihat kondisi wilayah terdampak pada Minggu (25/9/2022). Sebelumnya personel BNPB lainnya telah berada di Karachi untuk mengkoordinasikan datangnya bantuan kemanusiaan Indonesia yang akan tiba pada har ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini