Share

Siap Lawan Rusia, Uni Eropa Akan Latih 15.000 Tentara Ukraina

Susi Susanti, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680300 siap-lawan-rusia-uni-eropa-akan-latih-15-000-tentara-ukraina-FWUWXTgaXF.jpg Uni Eropa akan melatih 15.000 tentara Ukraina (Foto: Antara/Reuters)

BERLIN - Negara-negara anggota Uni Eropa (EU) sepakat untuk menyelenggarakan pelatihan bagi maksimal 15.000 tentara Ukraina secepat mungkin. Latihan ini juga ditujukan untuk persiapan melawan perang Rusia.

Menurut laporan majalah Spiegel, Senin (3/10/2022), perincian final soal rencana pelatihan itu akan dirundingkan di Brussel, Belgia, pada pekan depan.

Menurut rencana tersebut, Polandia akan menerima dana dari EU untuk membentuk markas yang akan menjalankan skema pelatihan.

Baca juga: Korut Dukung Rusia 'Caplok' Wilayah Ukraina, Kecam Standar Ganda AS

Spiegel yang mengutip sumber-sumber di EU mengatakan beberapa bagian skema akan dijalankan di beberapa negara EU lainnya.

Baca juga: Dianggap Tidak Layak Perang, Ribuan Tentara Wajib Militer Rusia Dipulangkan dari Ukraina

Majalah itu melaporkan Jerman memiliki rencana untuk menawarkan latihan di sebuah pusat simulasi tempur. Lalu para ahli teknik, medis, dan spesialis lainnya juga akan dilatih di negara itu.

Dikutip Antara, Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan pada Agustus lalu bahwa pemerintahnya akan memberikan pelatihan bagi para tentara Ukraina.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara itu, Denmark menyatakan akan mendukung proyek pelatihan yang dipimpin Inggris bagi 130 prajurit itu.

Kementerian pertahanan Jerman mengatakan Jerman sedang menjalin kontak erat dengan mitra-mitranya di EU menyangkut misi pelatihan EU.

"Hasilnya diharapkan akan segera muncul, tapi kami tidak bisa mengantisipasi hal itu," kata juru bicara kementerian pertahanan pada Senin (3/10/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini