Share

Dituding Bekingi Rusia, AS: Iran Jadi Pendukung Militer Utama dan Produksi Drone Mematikan

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 10 Desember 2022 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 18 2724432 dituding-bekingi-rusia-as-iran-jadi-pendukung-militer-utama-dan-produksi-drone-mematikan-tKqkEPZ65c.jpg AS tuduh Iran menjadi pendukung utama militer Rusia, termasuk mengirimkan drone (Foto: AP)

UKRAINAAmerika Serikat (AS) mengatakan hubungan Rusia dan Iran semakin dekat dan ‘menghangat’ menjadi kemitraan pertahanan yang matang.

Juru bicara dewan keamanan nasional AS John Kirby menjelaskan Rusia memberikan tingkat dukungan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya.

AS telah melihat laporan bahwa kedua negara sedang mempertimbangkan produksi bersama drone mematikan.

Kerja sama antara Rusia dan Iran telah disorot baru-baru ini, dengan Ukraina menuduh Rusia menggunakan drone Iran dalam serangannya.

Baca juga: Bersumpah Terus Serang Jaringan Listrik Ukraina, Putin: Siapa yang Memulai?

Kirby mengatakan bahwa kemitraan antara Iran dan Rusia untuk memproduksi drone akan berbahaya bagi Ukraina, tetangga Iran, dan masyarakat internasional.

Baca juga: Bandingkan dengan AS, Putin Klaim Rusia Punya Senjata Nuklir Paling Modern dan Canggih di Dunia

"Rusia sedang berusaha untuk berkolaborasi dengan Iran di bidang-bidang seperti pengembangan senjata, pelatihan," katanya, dikutip BBC.

Dia menambahkan bahwa AS khawatir bahwa Rusia bermaksud untuk memberi Iran komponen militer canggih termasuk helikopter dan sistem pertahanan udara.

"Iran telah menjadi pendukung militer utama Rusia,” ujarnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

“Rusia telah menggunakan pesawat tak berawak Iran untuk menyerang infrastruktur energi, merampas listrik, panas, layanan kritis jutaan orang Ukraina. Orang-orang di Ukraina saat ini benar-benar sekarat akibat tindakan Iran,” lanjutnya.

Menanggapi komentar Kirby, Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan bahwa Iran telah menjadi salah satu pendukung militer utama Rusia dan bahwa hubungan antara mereka mengancam keamanan global.

Dia mengatakan ‘kesepakatan kotor’ antara kedua negara telah membuat Iran mengirim ratusan drone ke Rusia, katanya.

"Sebagai imbalannya, Rusia menawarkan dukungan militer dan teknis kepada rezim Iran, yang akan meningkatkan risiko terhadap mitra kami di Timur Tengah dan keamanan internasional," tambahnya.

Dia mengatakan Inggris setuju dengan AS bahwa dukungan Iran untuk militer Rusia akan tumbuh dalam beberapa bulan mendatang karena Rusia mencoba untuk mendapatkan lebih banyak senjata, termasuk ratusan rudal balistik.

Seperti diketahui, Ukraina menuduh Iran memasok Rusia dengan drone "kamikaze" yang digunakan dalam serangkaian serangan yang menewaskan sedikitnya delapan orang pada 17 Oktober lalu.

Iran awalnya membantah mengirim drone apa pun ke Rusia, tetapi kemudian mengakui telah memasok beberapa sebelum invasi ke Ukraina.

Iran mengaku mengirimkan drone dalam jumlah terbatas ke Rusia, "berbulan-bulan" sebelum perang di Ukraina.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bantahan Rusia sebagai kebohongan. Dia juga menegaskan Ukraina menembak jatuh sekitar 10 drone Iran setiap hari.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini