Share

Paus Fransiskus Memohon Doa untuk Paus Benediktus XVI yang Sakit Parah

Susi Susanti, Okezone · Kamis 29 Desember 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 29 18 2736208 paus-fransiskus-memohon-doa-untuk-paus-benediktus-xvi-yang-sakit-parah-oq1OGXyehz.jpg Paus Fransiskus saat mengunjungi Paus Benediktus VI (Foto: Vatican Pool)

VATIKANPaus Fransiskus mengatakan mantan Paus Benediktus XVI yang sakit parah dan dia telah meminta para peziarah di Vatikan untuk mendoakannya.

Benediktus, 95, menjadi pemimpin pertama Gereja Katolik yang mundur dalam 600 tahun pada 2013, dengan alasan usia lanjut.

Di akhir audiensi terakhir Paus tahun ini, dia meminta orang-orang untuk melakukan doa khusus untuk Paus Emeritus Benediktus.

 BACA JUGA: Pesan Natal Paus, Dunia Menderita 'Kelaparan Perdamaian' dan Serukan Perang di Ukraina Berakhir

Vatikan kemudian mengatakan kesehatan mantan Paus memburuk dalam beberapa jam terakhir.

 BACA JUGA: Khotbah Misa Malam Natal, Paus Fransiskus Kecam 'Keserakahan Akan Kekuasaan'

"Situasi saat ini tetap terkendali, terus dipantau oleh dokter," kata juru bicara Matteo Bruni, dikutip BBC.

Paus Fransiskus berbicara kepada khalayak umum di aula Paulus VI Vatikan ketika dia mendongak dari selembar kertas dan berbicara tentang kesehatan Benediktus yang menurun.

Dia kemudian melakukan perjalanan singkat dari aula ke Taman Vatikan untuk melihat Benediktus di biara Mater Ecclesiae, tempat dia tinggal sejak dia mengundurkan diri.

Awal bulan ini Paus mengungkapkan dia sering mengunjungi pendahulunya.

Follow Berita Okezone di Google News

Berbicara tentang Benediktus sebagai seorang "santo" dan seorang yang memiliki kehidupan spiritual yang tinggi, dia mengatakan bahwa mantan paus itu memiliki selera humor yang bagus.

Seperti diketahui, mantan Paus itu telah bergumul dengan pidato selama beberapa waktu dan dua tahun lalu seorang kardinal Malta mengatakan Benediktus telah memberi tahu para kardinal baru bahwa "Tuhan telah mengambil pidato saya agar saya menghargai keheningan".

"Dia berbicara dengan lembut tetapi mengikuti percakapan Anda," kata Paus Fransiskus kepada surat kabar Spanyol ABC.

Kardinal di seluruh dunia bergabung dengan Paus Fransiskus dalam mendoakan pendahulunya. “Di saat-saat sulit dan serius ini, mari kita bersatu dalam doa yang sungguh-sungguh untuk Paus Emeritus kita yang terkasih,” tulis Kardinal Robert Sarah dari Guinea, uskup Afrika paling senior di Vatikan hingga tahun lalu.

Ketika Paus membawa kardinal baru untuk menemuinya di biara Mater Ecclesiae pada bulan Agustus, Benediktus tampak lemah tetapi dia menjabat tangan mereka semua dan bertunangan dengan mereka.

Benediktus XVI berusia 85 tahun ketika pada Februari 2013 dia mengejutkan umat Katolik di seluruh dunia dengan keputusannya untuk mundur, kurang dari delapan tahun setelah dia terpilih sebagai Paus sebagai Kardinal Joseph Ratzinger.

Sejak Gregory XII mengundurkan diri pada 1415, seorang Paus tidak mengundurkan diri.

Benediktus telah memimpin Misa pemakaman pendahulunya Yohanes Paulus. Ia adalah orang Jerman kedelapan yang menjadi Paus dan dikenal karena pandangannya yang konservatif dan tradisionalis, berkampanye melawan aktivisme sosial teologi pembebasan.

Tapi kepausannya ditandai dengan skandal yang melibatkan pelecehan seksual terhadap anak oleh para pendeta. Dua laporan pada 2009 merinci tingkat pedofilia dan menutup-nutupi dalam Gereja Irlandia - dan kemudian terungkap bahwa hampir 400 imam telah dipecat oleh Benediktus pada 2011 dan 2012.

Namun, awal tahun ini mantan Paus mengakui bahwa telah terjadi kesalahan dalam menangani kasus pelecehan seksual saat dia menjadi uskup agung Munich dari tahun 1977 hingga 1982.

Penyelidikan Jerman yang ditugaskan oleh Gereja menemukan bahwa dia telah gagal bertindak dalam empat kasus. Benediktus membantah melakukan kesalahan tetapi meminta maaf atas "kesalahan yang menyedihkan".

Kardinal Reinhard Marx, uskup agung Munich saat ini, mengatakan dia telah melihat Benediktus pada bulan September dan meminta para pengunjung gereja untuk menyertakan dia dalam doa mereka.

Meskipun Benediktus adalah Paus pertama selama 600 tahun yang mundur, Paus Fransiskus menjelaskan dalam wawancaranya di Spanyol bulan ini bahwa dia juga telah menandatangani surat pengunduran diri pada tahun 2013 "dalam hal gangguan kesehatan atau apa pun", menyerahkannya kepada Kardinal Bertone. sekretaris negara Vatikan saat itu.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini