Share

Jelang Imlek, Patung Dewa Raksasa Setinggi 30 Meter di Medan Dibersihkan

Ahmad Ridwan Nasution, MNC Portal · Jum'at 13 Januari 2023 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 13 608 2745405 jelang-imlek-patung-dewa-raksasa-setinggi-30-meter-di-medan-dibersihkan-duDYLLHEhE.jpg Vihara melakukan bersih-bersih menjelang tahun baru Imlek (Foto: Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN - Menjelang hari raya Imlek 2023 yang jatuh pada 22 Januari 2023, sejumlah vihara di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) mulai melakukan pembersihan terhadap rupang atau patung budha dan juga areal tempat sembahyang.

Salah satunya Vihara Satya Buddha Visudhi Marga yang berlokasi di Jalan Pabrik Tenun, Kota Medan. Vihara ini sudah mulai melakukan pembersihan terhadap patung budha raksasa yang memiliki tinggi sekitar 30 meter.

BACA JUGA:Mudik Imlek China, Kecelakaan Lalu Lintas Renggut 19 Nyawa dan 20 Terluka 

Bersih-bersih ini merupakan tradisi sebelum perayaan Imlek. Selain itu, di balik tradisi ini tersirat makna yang mendalam, yakni seperti membersihkan tubuh sendiri bukan hanya simbolis saja.

Petugas vihara, Sarto mengatakan, bersih-bersih rupang memang dilakukan secara rutin satu tahun sekali. Sehari-hari hanya altar saja yang dibersihkan.

Setidaknya ada ratusan patung yang akan dibersihkan sebelum perayaan Imlek, mulai dari yang berukuran kecil hingga raksasa.

 BACA JUGA:4 Prajurit TNI yang Jadi Legenda di Medan Perang, Ada Pratu Suparlan yang Mengorbankan Nyawanya

Pada Imlek kali ini, umat budha akan memasuki tahun baru Imlek 2574 Kongzili. Menurut kepercayaan mereka, tahun kelinci air ini merupakan simbol yang penuh dengan warna warni dalam kehidupan dalam mendapatkan keberuntungan.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini