nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Terowongan untuk Menyelundupkan Imigran Ditemukan di Perbatasan AS-Meksiko

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 10:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 29 18 1765166 waduh-terowongan-untuk-menyelundupkan-imigran-ditemukan-di-perbatasan-as-meksiko-QoVe10igZm.jpg Pagar perbatasan Meksiko-AS dari sisi Meksiko. (Foto: AFP)

TIJUANA – Otoritas Militer Meksiko menemukan sebuah terowongan di perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat (AS). Terowongan itu diperkirakan digunakan untuk menyelundupkan imigran dari Kota Tijuana, Meksiko, ke San Diego, California.

Dalam pernyataan resminya pada Minggu 27 Agustus, Pemerintah Meksiko, memaparkan, pintu masuk terowongan di wilayah Meksiko berada di sebuah gudang dan pintu keluar berada tidak jauh dari pagar perbatasan di San Diego. Sebanyak 25 imigran diamankan oleh Patroli Perbatasan AS saat mereka keluar dari dalam terowongan, menurut keterangan polisi Meksiko seperti dilansir AFP, Selasa (29/8/2017).

BACA JUGA: Lagi, Otoritas Meksiko Temukan Terowongan Rahasia ke AS

Kementerian Pertahanan Meksiko mengungkapkan, terowongan tersebut ditemukan setelah ada laporan mengenai keberadaan pria bersenjata di sebuah gudang. Menurut keterangan polisi, tidak ada seorang pun yang ditahan di Meksiko.

Dalam beberapa tahun, Meksiko berhasil menemukan sejumlah terowongan perbatasan yang tak hanya digunakan imigran untuk menuju AS secara ilegal, namun juga sebagai jalan menyelundupkan obat-obatan ke Negeri Paman Sam.

BACA JUGA: Unik! Wali Kota di Meksiko Nikahi Buaya Demi Nasib Baik

Selain itu pada Agustus 2016 mereka juga pernah menemukan terowongan sepanjang 30 meter yang menghubungkan Sonora, Meksiko, menuju Arizona, AS. Terowongan tersebut ditemukan saat Kepolisian Meksiko menyelidiki pipa drainase yang melintasi perbatasan kedua negara.

Polisi curiga dengan perbedaan permukaan pipa di suatu titik. Setelah menyingkirkan sejumlah material, polisi berhasil menggali dan menemukan jalan rahasia hampir sepanjang 1,5 meter di wilayah Meksiko dan 30 meter di wilayah AS. Lalu pada April 2015, otoritas AS juga mendapati terowongan terpanjang yang menghubungkan Tijuana ke Mesa, California. Terowongan sepanjang 800 meter tersebut digunakan untuk memasukkan narkoba ilegal dari Meksiko.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini