nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Ibu di Vietnam Lahirkan Bayi Berbobot 7,1 Kg

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 22:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 16 18 1796621 wow-ibu-di-vietnam-lahirkan-bayi-berbobot-7-1-kg-ES58r0wSBL.jpg Tran Tien Quoc (atas) lahir dengan berat badan mencapai 7,1 kg (Foto: The Star)

VINH PHUC – Seorang ibu di Vietnam tidak menyangka akan mendapatkan kejutan saat melahirkan seorang bayi laki-laki pada Sabtu 14 Oktober. Betapa tidak, bayi yang dilahirkannya itu memiliki berat badan 7,1 kilogram (km). Peristiwa tersebut terjadi di Provinsi Vinh Phuc, Vietnam.

“Ketika dokter mengatakan anak saya memiliki berat 7,1 kg, kami tidak percaya,” ujar sang ayah, Tran Van Quan, mengutip dari The Star, Senin (16/10/2017).

Saat masa kehamilan, dokter sudah memprediksi bahwa anak yang dikandung Nguyen Kim Lien kelak akan memiliki berat badan 5 kg. Prediksi tersebut tentu saja meleset sebab bayi itu ternyata 2 kg lebih berat dari perkiraan.

Tran dan Nguyen yang tidak percaya lantas kembali menimbang putranya itu setelah diserahkan oleh dokter ke pangkuan ibunya. Angka di timbangan tidak berbohong sama sekali.

“Beratnya 7,2 kg ditambah pakaian! Jadi, sedikit lebih berat daripada saat lahir dari rahim ibunya!” canda Tran Van Quan.

Bayi laki-laki itu kemudian diberi nama Tran Tien Quoc. Quan mengatakan, si ibu dan jabang bayinya dalam keadaan sehat dan bahagia. Quoc dan ibunya diperkirakan akan pulang dalam beberapa hari ke depan karena Kim Lien saat ini sedang memulihkan diri pasca-operasi Caesar.

Tran Tien Quoc adalah anak kedua dari pasangan Tran Van Quan dan Nguyen Kim Lien. Anak pertama pasangan tersebut lahir pada 2013 dengan berat badan yang masuk dalam kategori normal, yakni 4,2 kg.

Bayi dengan bobot raksasa terakhir kali terjadi di Vietnam pada 2008 ketika seorang ibu melahirkan bayi perempuan dengan berat hampir mencapai 7 kg di Provinsi Gia Lai. Namun, berat badan Tran Tien Quoc masih jauh dari catatan rekor bayi dengan bobot paling berat di dunia.

Menurut buku rekor dunia Guinness, rekor bayi dengan bobot raksasa hingga saat ini masih dipegang oleh seorang anak di Italia. Bayi itu lahir dengan berat 10,2 kg pada 1955. Rekor yang sudah bertahan selama 62 tahun itu belum juga berhasil dipecahkan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini