nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertempuran di Hodeidah, Yaman Tewaskan Sedikitnya 149 Orang dalam 24 Jam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 12 November 2018 15:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 12 18 1976735 pertempuran-di-hodeidah-yaman-tewaskan-sedikitnya-149-orang-dalam-24-jam-IhBIlcyCrG.jpg Foto: AFP.

HODEIDAH – Sedikitnya 149 orang dalam 24 jam pertempuran antara pasukan loyalis Pemerintah Yaman yang didukung koalisi pimpinan Arab Saudi dan pasukan pemberontak Houthi di kota pelabuhan Hodeidah pada Senin. Pejabat militer mengonfirmasi tewasnya tujuh warga sipil tanpa memberikan detail lebih lanjut.

Hodeidah yang terletak di tepi Laut Merah telah dikuasai dan dikontrol oleh kelompok Houthi sejak 2014 dan menjadi pintu masuk penting bagi bantuan kemanusiaan yang memasuki Yaman. Pasukan loyalis pemerintah dengan dukungan koalisi pimpinan Saudi berusaha merebut kota tersebut sejak awal November.

BACA JUGA: Serangan Udara Koalisi Saudi ke Rumah Sakit Yaman Tewaskan 26 Orang

Seorang sumber di koalisi militer pro-pemerintah Yaman mengatakan, pemberontak Houthi telah memukul mundur serangan besar-besaran yang bergerak menuju pelabuhan Hodeidah.

Sementara petugas medis di seluruh kota melaporkan 110 pasukan pemberontak dan 32 pasukan loyalis telah tewas dalam semalam. Sumber dari rumah sakit militer Al-Alfi di Hodeidah yang dilansir AFP, Senin (12/11/2018) mengatakan, beberapa bagian tubuh yang hangus terbakar telah dikirimkan ke sana sepanjang malam.

BACA JUGA: Setelah Kolera, Yaman Kini Dihantui Wabah Difteri

Koalisi Arab Saudi telah menghantam Hodeidah dengan beberapa serangan udara yang menyasar posisi pemberontak Houthi. Lebih dari 600 orang telah tewas sejak pertempuran pecah di Hodeidah pada 1 November.

Pelabuhan Hodeidah adalah jalur vital untuk pengiriman bantuan ke Yaman di seluruh negara yang dilanda perang, di mana 14 juta orang menghadapi kelaparan yang kemungkinan akan segera terjadi. Pelabuhan itu telah diblokade oleh koalisi pimpinan Saudi selama setahun.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini