nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Akan Bangun 1.333 Sumur Resapan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 21:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 22 338 1981484 antisipasi-banjir-pemprov-dki-akan-bangun-1-333-sumur-resapan-zVRI1f6aj8.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membangun drainase vertikal atau sumur resapan di beberapa wilayah Ibu Kota. Hal tersebut bertujuan untuk menampung derasnya air hujan yang akan datang pada musim penghujan.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Energi DKI Jakarta Ricki Marojahan mengatakan ada sekira 1.333 drainase vertikal yang dibangun.

"Ke depannya kami rencanakan 1.333 sumur resapan, atau drainase vertikal," kata Ricki saat dihubungi Kamis (22/11/2018).

(Baca juga: Cegah Sampah Masuk dari Luar Jakarta, Anies Bakal Bangun Saringan Jumbo)

Menghadapi musim penghujan tahun ini, Dinas PE hanya membangun beberapa sumur resapan untuk uji coba di daerah yang sudah menjadi langganan banjir tahunan di Jakarta, sisanya akan dilanjutkan pembangunannya tahun depan.

banjir

Ricki enggan membeberkan jumlahnya sumur resapan yang sudah dibangun serta tempat pembangunan sumur tersebut.

"Kalau kick off kami sampaikan melalui pak Gubernur. Jadi sementara ini, kami menyampaikan sudah ada kami buat untuk uji coba. Tapi kami masih menunggu, mohon maaf kami belum bisa sampaikan informasinya. Tapi sudah ada yg kita uji coba," ujarnya.

(Baca juga: 7.000 Personel Gabungan Disiagakan Hadapi Musim Penghujan di Jakarta)

Ricki mengatakan sumur resapan yang masih dirahasikannya itu sudah dibangun sejak September 2018, dan saat ini semua Drainase vertikal itu sudah selesai dibangun dan siap untuk digunakan.

"Kurang lebih diabangun pada September akhir kemarin. Sekarang sudah selesai kami bangun, tapi kami menunggu kalau hujan bisa benar - benar diserap atau enggak," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini