nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Razia Kucing dan Anjing Liar, Pemprov DKI Gandeng Komunitas Pecinta Hewan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 19:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 09 338 2002241 razia-kucing-dan-anjing-liar-pemprov-dki-gandeng-komunitas-pecinta-hewan-tOoSpzSvAX.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) agar mengajak komunitas pecinta binatang dalam menggelar razia kucing dan anjing liar di jalanan Ibu Kota yang termasuk ke dalam jenis hewan penular rabies (HPR).

"Binatang ini (kucing dan anjing) memiliki banyak sekali komunitas pecinta, yang siap merawat siap untuk terlibat," kata Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2019).

Menurut dia, KPKP tak efektif bila bekerja sendiri dalam penanganan hewan rabies di Ibu Kota. Sehingga, dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak.

"Karena itu ajak mereka untuk terlibat, tidak mungkin akan urusan seperti ini pemerintah bekerja sendirian," ujarnya.

 (Baca juga: Pemprov DKI Tunda Razia Kucing dan Anjing Liar di Jalanan Ibu Kota)

anji

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengimbau masyarakat Ibu Kota agar memelihara hewan di area perumahannya saja.

"Itu harus dibicarakan saja dengan komunitas. Jadi kalo memang yang mau merawat baik baik di rumah Kenapa tidak," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menunda melakukan penangkapan kucing dan anjing liar yang berkeliaran di jalanan Ibu Kota. Hal itu menanggapi perbincangan di media sosial yang memberikan beragam respon terkait adanya razia itu.

"Terkait polemik razia kucing, pagi ini saya instruksikan kepada Dinas terkait agar tunda kegiatan penangkapan; ajak bicara organisasi/komunitas pengelolaan binatang; Lakukan kegiatan pengendalian bersama dgn komunitas," kata Anies dalam keterangan tertulis, kemarin.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini