nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahun Baru Imlek 2019, Vihara Tertua di Cirebon Dihiasi Lilin Raksasa

Fathnur Rohman, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 02:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 05 525 2013833 tahun-baru-imlek-2019-vihara-tertua-di-cirebon-dihiasi-lilin-raksasa-H5xzqeM51s.JPG Lilin menyala di Vihara Dewi Welas Asih, Cirebon (Fathnur/Okezone)

CIREBON - Vihara Dewi Welas Asih, Kota Cirebon, Jawa Barat dihiasi ratusan lilin merah yang dinyalakan bersamaan, Senin (4/2/2019) malam, dalam rangka merayakan Hari Raya Imlek atau Tahun Baru China 2570. Sebagian dari lilin itu ukurannya jumbo.

Perayaan Imlek di vihara tertua di Cirebon yang usianya lebih seratus tahun itu menarik perhatian, karena keunikannya. Salah satunya adalah penyalaan lilin merah raksasa yang bobotnya hingga 300 kilogram.

Lilin itu berwarna merah, lambang keberuntungan dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa.

 

"Lilin-lilin itu disusun dari yang besar hingga kecil, " kata Pembina Umat Budha Vihara Dewi Welas Asih, Romo Djunawi.

Dia menjelaskan lilin-lilin tersebut melambangkan penerangan. Maksudnya, saat dalam mengarungi perjalanan hidup, masyarakat Tionghoa berharap diberi kemudahkan dan kelancaran, seperti lilin yang menyinari kehidupan.

Lilin-lilin tersebut merupakan sumbangan masyarakat Tionghoa. Lilin raksasa harganya mencapai Rp45 juta dan dinyalakan oleh pemesannya.

 

Djunawi berharap Tahun Baru Imlek kali ini masyarakat Indonesia lebih sejahtera. “Semoga sehat, lancar, damai dan semakin ditingkatkan kesejahteraan,” tuturnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini