nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandar Sabu 3,4 Kilogram di Makassar Divonis Bebas

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 21:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 12 609 2017062 bandar-sabu-3-4-kilogram-di-makassar-divonis-bebas-1E7O9i6mtD.jpg

MAKASSAR - Terdakwa Syamsu Rijal alias Kijang, seorang bandar narkoba dengan barang bukti 3,4 Kg sabu divonis bebas oleh hakim Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan.

Kijang dinyatakan bebas dari dakwaan pada sidang 8 Februari 2019 yang dipimpin ketua majelis hakim Rika Mona Pandegirot.

Vonis bebas terhadap Kijang diketahui berdasarkan penelusuran perkara di situs PN Makassar, dengan nomor 1434/Pid.Sus/2018/PN Mks.

Terdakwa lolos dari tuntutan jaksa, yakni enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider dua bulan penjara.

“Menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan,” tulis amar putusan hakim yang dikutip Okezone di Website PN Makassar, Selasa (12/2/2019).

Dalam putusan itu juga, membebaskan terdakwa dari dakwaan, dan memerintahkan agar terdakwa dikeluarkan dari tahanan.

Sementara Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Makassar Ulfadrian Mandalani membenarkan soal vonis bebas terhadap Kijang. Pihaknya akan mengupayakan kasasi

"Kami tidak bisa mengomentari, karena itu keputusan hakimnya. Tapi putusannya belum kami terima, ada upaya hukum kasasi. Setelah putusan pekan lalu, jaksa langsung kasasi," kata Ulfa kepada Okezone saat dihubungi Selasa (12/2/2019)

Ulfa mengaku tidak tahu apa pertimbangan hakim dalam mengeluarkan putusan seperti itu. Sebab di persidangan, jaksa telah mengajukan semua bukti-bukti dari Kepolisian.

Sebelumnya, terdakwa Kijang dituntut dengan dakwaan berlapis, yakni Pasal 114 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dia dianggap bersalah melakukan tindak pidana berupa pemufakatan jahat menjadi perantara dalam jual beli narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini