nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PBB Tegaskan Pengungsi yang Lari dari Konflik Harus Dilindungi

Agregasi VOA, Jurnalis · Minggu 03 Maret 2019 03:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 03 18 2025093 pbb-tegaskan-pengungsi-yang-lari-dari-konflik-harus-dilindungi-ZCfP4ee22V.jpg Seorang Perempuan Rohingya Bersama Dua Putranya di Kamp Pengungsian Bangladesh (foto: United Nations)

BANGLADESH - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat 1 Maret 2019 menegaskan, pengungsi yang menyelamatkan diri dari konflik harus diberi perlindungan. Penegasan ini dikeluarkan setelah Bangladesh menyatakan tidak lagi mau menerima pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar.

Menteri luar negeri Bangladesh Shahidul Haque mengemukakan kepada Dewan Keamanan bahwa krisis pengungsi di negerinya sudah bertambah buruk dan ia kecewa belum ada seorangpun dari ratusan ribu pengungsi yang berlindung di negerinya pulang ke asal mereka.

Potret Gadis-Gadis pada Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh Potret Gadis-Gadis pada Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh (foto: Reuters)

(Baca Juga: Sekjen PBB: Tentara Bayaran Picu Terorisme dan Ekstremisme) 

"Bangladesh amat bermurah hati dalam menolong pengungsi Rohingya. Penting sekali orang yang menyelamatkan diri dari konflik mendapatkan perlindungan ke mana saja mereka pergi," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric.

Sesuai kesepakatan yang dicapai dengan Bangladesh, Myanmar setuju menerima kembali sebagian pengungsi itu. Tetapi PBB bersikukuh keselamatan mereka harus menjadi kondisi bagi kepulangan mereka.

Haque mengatakan kepada sidang Dewan Keamanan tentang Myanmar bahwa Bangladesh tidak lagi dapat menerima pengungsi dari Myanmar, menunjukkan Bangladesh siap menutup perbatasannya bagi pengungsi.

(Baca Juga: Pakar PBB Desak Indonesia Investigasi Polisi Papua yang Interogasi Tahanan Menggunakan Ular)


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini