120 Lembaga Pemantau Pemilu 2019 Berasal dari Dalam dan Luar Negeri

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 17:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 26 606 2035258 120-lembaga-pemantau-pemilu-2019-sudah-mendaftar-ke-kpu-4hfgBL4q2i.jpeg Ketua KPU Arief Budiman (Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan sudah ada 120 lembaga dan delegasi yang sudah mendaftarkan diri untuk memantau sekaligus mengawasi jalannya Pemilu Serentak 2019. Mereka berasal dari dalam dan luar negeri.

Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan, lembaga pemantau tersebut terdiri dari organisasi sipil, NGO, institusi swasta, perwakilan hingga penyelenggara pemilu negara-negara sahabat yang memiliki kedutaan besar di Indonesia.

"Ada 120 delegasi, 120 orang, itu rinciannya macam-macam," kata Arief kepada wartawan di Kantor Pusat KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019).

Dia mengaku tak menghafal semua lembaga yang sudah mendaftar itu. Yang diingatnya, dari dalam negeri ada sejumlah lembaga yang sudah berpengalaman memantau jalannya pesta demokrasi beberapa periode.

"Ada Perludem, KIPP, JPPR dan lain-lain itu. Jadi banyak, sampai sekarang yang sudah terdaftar sekitar 120-an," ujarnya.

Khususnya lembaga pemantau asing, ada persyarakatan ditetapkan agar bisa mengawasi Pemilu di Indonesia. Di antaranya mereka harus mengantongi izin dari Kementerian Luar Negeri dan memiliki akreditasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kalau pemantau asing dia nanti akan dapat clearance (izin) dari Kementerian Luar Negeri. Kemudian kalau dia mau jadi pemantau, dulu akreditasinya diberikan oleh KPU, sekarang dengan undang-undang yang baru, akreditasi itu diberikan oleh Bawaslu," katanya.

KPU memberi kebebasan kepada para lembaga pemantau untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu. “Sebelum Pemilu sampai setelah Pemilu silakan saja,” ujarnya.

KPU mempersilakan lembaga yang ingin memantau Pemilu 2019 untuk mendaftar. "Siapa pun boleh apply ke KPU untuk mengajukan diri sebagai pemantau.”

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini