nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPBD Sigi: Tak Ada Korban Jiwa Akibat Banjir Bandang

Antara, Jurnalis · Senin 29 April 2019 15:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 29 340 2049400 bpbd-sigi-tak-ada-korban-jiwa-akibat-banjir-bandang-fP7qKQ1NMR.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

SIGI - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Asrul Repadjori memastikan tidak ada korban jiwa akibat banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu 28 April 2019 malam.

"Alhamdulillah. tidak ada warga yang meninggal. Ada beberapa warga tadi malam hanyut terbawa banjir bandang tapi berhasil diselematkan," katanya di sela-sela mengevakuasi warga korba banjir bandang Desa Bangga di Desa Walatana, seperti dikutip Antaranews, Senin (29/4/2019).

Beruntung, lanjutnya, warga sigap dan segera menyelamatkan diri saat banjir bandang susulan yang terjadi sekira pukul 23.00 Minggu malam menerjang. Jika tidak, dapat dipastikan banyak nyawa warga yang melayang.

(Baca Juga: Diterjang Banjir Bandang, Rumah Warga Sigi Terkubur Lumpur)

Selain itu, BPBD Sigi dibantu aparat kepolisian, tentara dan Badan SAR Nasional (Basarnas) serta relawan dari berbagai lembaga dan yayasan kemanusiaan bahu-membahu mengevakuasi warga sesaat setelah banjir bandang tersebut menerjang.

"Ada warga yang menyelamatkan diri ke gunung ada juga yang kami selamatkan. Alhamdulillah, tidak ada yang sampai meninggal. Saya di sini (Bangga) sesaat setelah kejadian sampai pukul 01.30 Wita," ucapnya.

Ilustrasi

Banjir bandang menerjang Desa Bangga Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Minggu malam. Ribuan warga dilaporkan telah mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

(Baca Juga: Korban Banjir di Sigi Membutuhkan Makanan hingga Pakaian)

Hingga Senin pagi banjir bandang menerjang separuh Dusun I, seluruh Dusun II dan sebagian Dusun III menyebabkan rumah warga terkubur lumpur sampai setinggi atap.

Sampai saat ini berbagai bala bantuan dari kepolisian, tentara, Badan SAR Nasional (Basarnas) maupun BPBD Kabupaten Sigi dan Pemprov Sulawesi Tengah serta relawan terus berdatangan.

Mereka mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi, membantu menyelamatkan barang-barang berharga dan menyalurkan bantuan logistik berupa makanan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini