nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemilik 5.428 Butir Ekstasi di Bali Divonis 13 Tahun Penjara

Antara, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 19:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 20 340 2068818 pemilik-5-428-butir-ekstasi-di-bali-divonis-13-tahun-penjara-vYtxK8k2sY.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

DENPASAR - Terdakwa Nur Mochamad Choirul divonis 13 tahun penjara atas kasus kepemilikan 966 gram sabu-sabu dan 5.428 butir ekstasi dengan berat 972 gram, yang bertempat di Pengadilan Negeri Denpasar, pada Kamis (20/19/2019).

"Mengadili, menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 13 tahun, dikurangi selama terdakwa dalam tahanan, dan denda Rp1 miliar subsidair 4 bulan penjara," kata Ketua Majelis Hakim, I Gede Ginarsa seperti dikutip Antaranews.

Atas perbuatannya, terdakwa terbukti bersalah, dan melanggar sebagaimana yang diatur dalam Pasal 114 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Vonis yang diterima terdakwa lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum I Made Dipa Umbara yang sebelumnya dituntut 17 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsidair enam bulan.

Terdakwa yang ditemani penasehat hukumnya dari PBH Peradi Denpasar menerima putusan yang dilayangkan Ketua Majelis Hakim saat persidangan dengan agenda putusan tersebut.

Baca Juga: Gerebek Kos-kosan di Kemayoran, Polisi Tangkap Pengedar Sabu 

Berdasarkan hasil penyelidikan bahwa terdakwa telah menyerahkan barang berupa 5.428 butir ekstasi dengan berat 972 gram butir ekstasi kepada I Nyoman Indranata Wijaya yang juga menjadi terdakwa dalam perkara terpisah.

Ilustrasi

Nur Mochamad Choirul asal Mojokerto ini menyerahkan barang tersebut di Sanur, Denpasar. Terdakwa diberikan uang sebesar Rp2 juta oleh seseorang bernama Tuek melalui transfer.

Melalui keterangannya, terdakwa mengakui hanya menyerahkan barang berupa satu plastik hitam berisi 30 paket plastik klip bening yang di dalamnya berisi 5.428 butir ekstasi dengan berat 972 gram.

Saat dilakukan penggeledahan di tempat tinggal terdakwa tidak ditemukan barang bukti berupa narkotika tersebut. Karena sebelum petugas mendatangi terdakwa, narkotika jenis ekstasi sudah diberikan kepada seseorang bernama I Nyoman Indranata Wijaya.

Terdakwa yang juga bekerja sebagai tukang proyek bangunan ini ditangkap oleh petugas kepolisian di salah satu hotel di Denpasar.

Baca Juga: Polisi Tangkap Oknum ASN yang Terlibat Jaringan Narkoba 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini