nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Periksa Satu Persatu Pengunjung Sidang Vonis Habib Bahar

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 09 525 2076427 polisi-periksa-satu-persatu-pengunjung-sidang-vonis-habib-bahar-c1zjE8bc1g.JPG Polisi periksa satu persatu pengunjung sidang vonis Habib Bahar bin Smith (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Mubaligh muda Habib Bahar bin Smith menghadapi vonis yang akan dibacakan oleh majelis hakim di Gedung Perpustakaan dan Arsip, di Jalan Seram, Kota Bandung, Selasa (9/7/2019).

Demi keamanan dan ketertiban sidang, polisi menutup seluruh akses ke dalam gedung, tempat pemuda asal Minahasa itu akan diadili. Satu persatu pengunjung sidang, baik dari pihak keluarga maupun pendukung Habib Bahar, diperiksa polisi sebelum memasuki ruang sidang.

Banyak pendukung Bahar, yang tidak diperkenankan masuk. Sebab, ruangan sidang telah dipadati pihak keluarga dan kerabat dekat pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin itu.

Sempat terjadi saling adu mulut, antara pendukung Bahar dan kepolisian, namun polisi berhasil meredam massa dan memberikan pengertian dengan cara persuasif.

Terpantau, polisi juga turut menjaga ketat pintu-pintu akses masuk gedung. Mulai dari pintu luar, pintu utama gedung, setiap tangga, dan pintu ruangan sidang yang berada di lantai tiga.

Pendukung Habib Bahar

Sementara di luar gedung, para pendukung Bahar, sudah memenuhi kawasan Jalan Seram. Mereka datang dari berbagai wilayah di antaranya Bogor, Cianjur, Tasikmalaya dan wilayah lainnya di Jawa Barat. Mereka kebanyakan membawa spanduk berisi dukungan.

Polisi juga memasang traffic cone dan kawat berduri sepanjang gedung, untuk mengantisipasi pecahnya bentrokan.

Sementara itu, kuasa hukum Habib Bahar, Ichwan Tuankotta enggan berkomentar menjelang vonis terhadap kliennya. "Nanti saya lihat perkembangan vonis hakim apakah harus banding atau gimana," kata Ichwan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini