nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curi Arca Kepala Eyang Bancelono, Satpam Ini Terancam 7 Tahun Penjara

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 23:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 03 512 2100281 curi-arca-kepala-eyang-bancelono-satpam-ini-terancam-7-tahun-penjara-g6kTeZVfKG.jpg Arca Kepala Eyang Bancelono yang dicuri satpam (foto: istimewa)

SOLO - Pelaku pencurian kepala Arca di situs Bancelono berinisial AB di dusun Tlogodlingo, Desa Gondosuli, Tawangmangu terancam 7 tahun penjara. Karena terbukti melanggar Pasal 363 tentang pencurian. Dalam pemeriksaan, security di salah satu perusahaan tambang ini mengakui perbuatannya mencuri kepala arca.

Kasat Reskrim Polres Karanganyar AKP Dwi Haryadi mengatakan, AB sengaja mencuri arca tersebut dan rencanannya arca tersebut akan dijual

"Hasil pemeriksaan AB mengaku telah mencuri arca itu, dan akan dijual," jelas Dwi, Selasa (3/9/2019).

Menurut Dwi, untuk mengetahui apakah ada jaringan atau penadah arca dibelakang AB, pihaknya masih melakukan penyelidikan.

 Baca juga: Patung Eyang Bancolono di Tawangmangu Dicuri Satpam

Untuk penyelidikan, AB saat ini ditahan di Mapolres Karangnyar untuk pemeriksaan lebih lanjut. Salah satunya untuk mengetahui kemana arca tersebut rencananya akan dijual.

 Pencurian

Sedangkan kedua orang yang saat kejadian bersama pelaku, tidak ditahan. Pasalnya, dari hasil pemeriksaan, kedua orang yang bersama AB, tidak terbukti terlibat.

"Dua lainnya yang kebetulan bareng dengan pelaku, dari hasil pemeriksaan tidak terlibat," paparnya.

Selain mengamankan tersangka, polisi pun mengamankan barang bukti lainnya berupa kepala patung, sebuah palu besar, slempang, warna hitam bergaris, serta satu unit mobil jenis Honda warna merah Nopol AE 1912 BX.

Sebelumnya, aksi AB mencuri kepala Arca berhasil digagalkan warga yang kebetulan penjaga situs Bancelono. Bahkan sempat terjadi aksi kejar-kejaran sebelum akhirnya AB dibekuk warga.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini