nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hujan Lebat Disertai Petir Ancam Wilayah Jateng

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 04 November 2019 13:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 04 512 2125469 hujan-lebat-disertai-petir-ancam-wilayah-jateng-0H8e1kSMbb.jpg Ilustrasi Hujan Disertai Petir (foto: Okezone)

SEMARANG – Hujan lebat disertai petir dan angin kencang mengancam sejumlah daerah di Jawa Tengah. Warga diminta meningkatkan kewaspadaan terutama apabila beraktivitas di luar rumah dan jalan raya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang menyampaikan prakiraan cuaca pada hari ini Senin (4/11/2019). Prakiraan cuaca berlaku mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB.

Baca Juga: Masyarakat Aceh Diminta Waspadai Cuaca Ekstrim hingga Bencana 

“Jawa Tengah pagi umumnya berawan dan potensi hujan ringan di pesisir pantura. Untuk siang/sore/awal malam hari berpotensi hujan ringan tersebar tidak merata di wilayah Jateng,” kata forecaster BMKG, MS Fuada.

Ilustrasi (foto: Shutterstock) 

“Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat disertai petir dan angin kencang di daerah perbatasan pegunungan tengah Pantura Tengah, dan sebagian wilayah Jateng bagian timur pada siang/sore hari,” imbuhnya.

Sementara cuaca di Kota Semarang pada umumnya berawan, berpotensi hujan ringan pada pagi hari, dan hujan ringan-sedang pada sore/awal malam hari. Angin bertiup dari arah utara-tenggara dengan kecepatan 10 - 25 km/jam. Suhu udara berkisar antara 26 - 33 derajat Celsius dan kelembaban udara berkisar 50 - 80 persen.

“Untuk tinggi gelombang di Perairan Utara Jawa Tengah 0,1 – 1,25 meter sedangkan tinggi gelombang di Perairan Selatan Jawa Tengah 1,5 - 3 meter," ucap dia.

Baca Juga: BMKG: Waspadai Puting Beliung hingga Hujan Es di Musim Pancaroba!

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini