nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kim Jong-un Resmikan Samjiyon, Kota Lambang Peradaban Modern Korut

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 12:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 03 18 2137308 kim-jong-un-resmikan-samjiyon-kota-lambang-peradaban-modern-korut-jz0cEHqr90.jpg Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memotong pita simbol peresmian Kota Samjiyon. (Foto: KCNA/Reuters)

SEOUL – Kim Jong-un meresmikan sebuah kota di dekat gunung suci, yang digambarkan media pemerintah Korea Utara “lambang peradaban modern”.

Sebuah perayaan besar-besaran yang melibatkan kembang api diadakan di kota dekat Gunung Paektu pada Senin 3 Desember 2019, kata kantor berita resmi KCNA melansir Reuters, Selasa (3/12/2019).

Rodong Sinmun, juru bicara partai yang berkuasa, memuat foto-foto yang memperlihatkan Kim tersenyum ketika ia memotong pita saat meresmikan kota tersebut.

Baca juga: Pejabat Korea Utara Sebut PM Jepang Orang Paling Bodoh Sepanjang Sejarah

Baca juga: Korea Utara Ancam Hancurkan Resor Gunung Kumgang Milik Korsel

Kota bernama Samjiyon dibangun dengan apartemen, hotel, resor ski dan fasilitas komersial, budaya dan rumah sakit.

Foto/KCNA/Reuters

KCNA mengatakan kota itu dapat menampung 4.000 keluarga dan memiliki 380 blok permukiman dan kawasan industri yang luas mencapai ratusan hektare.

Kota ini adalah salah satu inisiatif ekonomi terbesar Kim, sebagai bagian dari upayanya untuk "ekonomi mandiri. Namun pembangunan Kota Samjiyo tertunda karena kekurangan bahan bangunan dan tenaga kerja akibat sanksi yang dikenakan demi mengekang program nuklir Korut.

Keterlambatan konstruksi mendorong rezim Kim untuk memobilisasi pekerja muda. Namun para aktivis hak asasi manusia menilainya sitem perbudakan karena para pekerja tidak mendapat bayaran, makanan dan dipaksa bekerja lebih dari 12 jam sehari selama 10 tahun.

Para pekerja juga diimingi masuk universitas atau bergabung dengan Partai Buruh.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini