Puluhan Kali Beraksi, 4 Pembobol Mesin ATM Dibekuk Polisi

CDB Yudistira, Okezone · Jum'at 27 Desember 2019 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 27 525 2146505 puluhan-kali-beraksi-4-pembobol-mesin-atm-dibekuk-polisi-OlmtfUiBuu.jpg Ilustrasi penangkapan pelaku pencurian. (Foto: Dok Okezone)

BANDUNG – Satreskrim Polrestabes Bandung mengamankan empat pelaku pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang diketahui sudah puluhan kali melakukan aksinya. Mereka adalah DA (27), AG (32), NAJ (19), dan MS (21).

Keempatnya dibekuk polisi setelah adanya beberapa kali laporan terkait perusakan mesin ATM di Kota Bandung. Berbekal dari rekaman kamera CCTV, petugas berhasil meringkus pelaku di berbagai lokasi di Kota Bandung.

Baca juga: Bobol Data Nasabah via Skimming, WN Turki Diringkus Polisi 

"Dari hasil pemeriksaan, para pelaku ini telah melakukan aksi bobol ATM sebanyak 20 kali," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema, Jumat (27/12/2019).

Aksi membobol mesin ATM tersebut dilakukan di beberapa wilayah, di antaranya di Kota Bandung, Cimahi, dan Kabupaten Bandung. Dalam membobol ATM tersebut, para pelaku menggunakan obeng panjang dan linggis.

Baca juga: Polisi Ringkus 18 Hacker Pembobol ATM Beromzet Rp500 Juta 

Namun, mereka hanya mencongkel bagian atas mesin ATM setoran tunai. Selama DA mengeksekusi mesin ATM, para pelaku lainnya berperan mengawasi situasi.

Sementara itu, tersangka DA mengaku dalam melakukan pembobolan bersama kawan-kawanannya mengincar mesin ATM setoran tunai karena biasanya uang menyangkut di bagian atas sebelum masuk ke boks penyimpanan.

Baca juga: 7 Sindikat Pembobol ATM di Depok Ditangkap, Sudah Beraksi 3 Tahun 

"Kadang dapet Rp500 ribu dan Rp1 juta. Yang paling besar pernah dapat Rp12 juta. Cuma ngorek-ngorek atasnya saja," ucap DA.

Akibat perbuatannya, keempat pelaku terancam hukuman di atas 5 tahun penjara. Mereka melanggar Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan.

Baca juga: Pembobolan ATM Bank DKI Terjadi sejak April hingga Oktober 2019 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini