nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintahan Trump Akan Batasi Wanita Hamil Masuk ke Amerika Serikat

Kamis 23 Januari 2020 14:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 23 18 2157149 pemerintahan-trump-akan-batasi-wanita-hamil-masuk-ke-amerika-serikat-7oVGp2GgTL.jpg Petugas imigrasi memotret wanita hamil pencari suaka di AS. (Foto/Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donadl Trump mengeluarkan pembatasan visa baru untuk para perempuan hamil yang berencana "wisata melahirkan."

Istilah “wisata melahirkan” adalah sebutan untuk perempuan yang mengunjungi Amerika Serikat (AS) untuk melahirkan, sehingga anak-anak mereka bisa memiliki paspor AS.

Malnsir VOA, Departemen Luar Negeri AS, menurut pejabat yang mengetahui rencana itu kepada Associated Press mengatakan, berencana untuk mempublikasikan aturan itu hari ini, Kamis (23/1/2020).

Peraturan itu akan mempersulit perempuan hamil untuk pergi ke AS dengan visa turis.

Dalam satu rancangan peraturan, mereka harus lolos ketentuan tambahan, sebelum mendapatkan visa yaitu meyakinkan petugas konsuler bahwa mereka punya alasan sah lain untuk datang ke AS.

Baca juga: AS Berencana Tambah Tujuh Negara dalam Daftar Larangan Perjalanannya

Baca juga: Trump Menjadi Presiden Ketiga yang Menjalani Sidang Pemakzulan Sepanjang Sejarah AS

Pemerintahan Trump sudah membatasi semua bentuk imigrasi, tetapi presiden khususnya prihatin dengan masalah kewarganegaraan berdasarkan kelahiran, yang berarti siapa pun yang lahir di AS berdasarkan Konstitusi, dianggap sebagai warga negara.

Ia mengecam praktik itu dan mengancam akan mengakhirinya, tetapi cendekiawan dan anggota pemerintahannya mengatakan itu tidak mudah dilakukan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini