nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Klaim Sudah Keluarkan Peringatan Dini Sebelum Tragedi Susur Sungai SMPN 1 Turi

krjogja.com, · Minggu 23 Februari 2020 05:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 23 510 2172707 bmkg-klaim-sudah-keluarkan-peringatan-dini-sebelum-tragedi-susur-sungai-smpn-1-turi-kAwFzLFJzr.jpg Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (foto: Setkab)

SLEMAN - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan, update tentang cuaca termasuk peringatan dini sudah dikeluarkan sebelum tragedi susur sungai yang dilakukan siswa SMPN 1 Turi, Sleman.

Saat itu peringatan dini sudah disampaikan pada Jumat 21 Februari 2020, sekira pukul 13.15 WIB. Berdasarkan hasil pengamatan radar di Stasiun Klimatologi Mlati Sleman, ada awan cumulonimbus (cb) yang berpotensi masuk ke DIY melalui Kabupaten Sleman.

Baca Juga: 6 Fakta Tragedi Susur Sungai SMPN 1 Turi Sleman 

“Saat itu sudah ada peringatan dini yang berlaku untuk pukul 13.45 WIB – 15.45 WIB. Namun, setelah periode tersebut kembali terpantau ada awan cb yang menggantung di luar DIY dan dalam 30 menit diperkirakan akan masuk ke Sleman bagian utara. Saat itu juga kita keluarkan peringatan dini hingga pukul 16.30 WIB,” kata Dwikorita di kantor Stasiun Klimatologi Mlati, Sabtu (22/02/2020).

Korban Jiwa Susur Sungai Sempor Menjadi 9 Orang 

Menurut dia, ternyata peringatan itu memang benar terjadi. Hujan deras memang mengguyur pada pukul tersebut, termasuk di lokasi kegiatan susur sungai.

“Kami tentu merasa sangat prihatin. Mengingat saat ini informasi tentang cuaca sudah kita sebarluaskan. Baik melalui sosial media resmi kami, hingga televisi,” jelasnya.

Ketika disinggung apakah dari BMKG pernah dimintai informasi cuaca dengan pihak penyelenggara, Dwikorita mengaku tidak ada.

Sebelumnya sebanyak 250 siswa SMPN 1 Turi mengikuti kegiatan kepramukaan berupa susur Sungai Sempor di Turi Sleman. Saat berada di dalam sungai, tiba-tiba sungai meluap sehingga membuat sebagian siswa hanyut.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Tersangka kepada Satu Pembina Pramuka SMPN 1 Turi

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini