nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Napi di Manado Kendalikan Bisnis Narkoba dari Dalam Lapas

Subhan Sabu, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 21:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 10 340 2181244 napi-di-manado-kendalikan-bisnis-narkoba-dari-dalam-lapas-9HfRRjxmzi.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

MANADO - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Utara (Sulut) menangkap empat orang pelaku jaringan pengedar narkoba jenis sabu, yang melibatkan seorang warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Tuminting, Manado, Sulawesi Utara.

Empat orang yang diamankan yakni LD, MR, AS warga sipil, dan RM yang merupakan warga binaan. Salah seorang tersangka merupakan perempuan yang berperan sebagai penyedia barang untuk dimasukkan ke dalam lapas termasuk juga pengedar.

Kepala BNNP Sulut, Brigjen Drs Utomo Heru Cahyono mengatakan ke empat tersangka ditahan disekitar daerah Tuminting beserta barang bukti 57 paket sabu.

"Paketnya berisi sabu-sabu, masing-masing paket rata-rata 0,31 dan 0,33," kata Brigjen Drs Utomo Heru Cahyono, Selasa (10/3/2020).

Modus yang dilakukan yakni ada pesanan dari orang luar yang disampaikan ke warga binaan dalam lapas, yang kemudian memesan ke sumbernya dan didistribusikan kepada orang yang memesan lewat seorang tersangka perempuan yang menerima barang kemudian mendistribusikannya.

 sabu

Keempat tersangka, dua orang diancam dengan Pasal 112 Ayat 1 dengan ancaman pidana 12 tahun sedangkan seorang perempuan dan warga binaan diancam dengan Pasal 112 Ayat 2 dengan ancaman hukuman seumur hidup.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIA Tuminting Sulistyo Wibowo mengatakan, pihaknya tidak mengharapkan kejadian yang melibatkan warga binaan tersebut namun pihaknya mengaku tetap terus melakukan pegawasan.

"Masalah peredaran ini kadang kami tidak bisa tahu bagaimana kepentinganya, kalau di depan kami baik-baik, rajin ibadah, tapi di belakang kami seperti itu," kata Sulistyo.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini