nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenang Sudjiatmi Notomiharjo: Anaknya Jadi Presiden, Ibunda Tetap Ramah Bertetangga

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 01:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 26 512 2189041 mengenang-sudjiatmi-notomiharjo-anaknya-jadi-presiden-ibunda-tetap-ramah-bertetangga-nECCpHeA9V.jpg Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi (foto: iNews)

SEMARANG - Meninggalnya Sudjiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Joko Widodo, menjadi duka banyak kalangan. Perempuan itu dikenal sebagai sosok ramah dan sikapnya tak pernah berubah meski anaknya menjadi orang nomor 1 di Indonesia.

“Saya justru bersama beliau itu waktu Pak Jokowi jadi wali kota, karena beliau itu orangnya grapyak semanak dan beberapa kali bertemunya sering di forum-forum acara pengajian,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sembari mengenang sosok Sudjiatmi, Rabu (25/3/2020).

Politikus PDIP itu masih mengingat betul, peristiwa saat mengikuti konstestasi Pemilihan Kepala Daerah. Tak disangka, Sudjiatmi atau yang akrab disapa Bu Noto termasuk salah satu jamaah yang hadir dalam pengajian.

“Saya tidak tahu kalau Bu Noto ada di situ, acara pengajian dan kemudian beliau mengikuti campur dengan masyarakat. Nah pas terakhir saya baru dikasih tahu ternyata beliau ada di situ (di antara jamaah),” terangnya.

 Ibunda Jokowi

“Merakyatnya beliau ini yang seringkali membikin kita melihat sebagai ibu yang selalu bisa rendah hati dan ini terlihat betul seperti gayanya Pak Jokowi,” lugas dia.

Sikap Sudjiatmi juga dinilai tak pernah berubah meski anaknya Joko Widodo menjadi Presiden Republik Indonesia. Sosoknya tetap bersahaja, dan tak meninggalkan kebiasannya untuk aktif pada acara-acara di kampungnya.

“Bahkan seorang ibu yang anaknya jadi presiden, masih berkeliling bertemu tetangga kiri-kanan. Sosok ibu yang luar biasa, yang bisa memberikan teladan tidak hanya kepada anak-anaknya. Juga memberikan teladan kepada yang lain, bahwa abatan itu menjadi hal yang biasa saja dan tidak mengubah pada relasi sosial yang ada dari keluarga itu,” tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini